Teknik Menulis Skenario
Ditulis tanggal : 11 - 09 - 2011 | 01:44:51

 

Pembuatan sebuah film harus direncanakan sematang mungkin. Salah satu bagian dari produksi film yang terpenting adalah penulisan skenario. Skenario termasuk unsur yang dibutuhkan paling awal sebagai rancangan membuat film. Ketika sebuah skenario telah selesai, maka sebenarnya film telah selesai dibuat pula dalam bentuk tertulis.


Lantas bagaimana cara menulis skenario? Berikut ini akan dipaparkan teknik menulis skenario yang diambil dari beberapa sumber di internet.

 

IDE CERITA


Oke, mungkin yang pertama ingin diketahui oleh orang yang ingin membuat skenario untuk film adalah langkah pertama. Apa sih yang paling pertama dilakukan dalam membuat skenario?


Yap, the first step is IDE CERITA.


Ide cerita yang ada di kepala sebaiknya langsung dituangkan kedalam tulisan. Cukup ke dalam satu kalimat. Contohnya: tentang seorang pemuda yang jatuh cinta kepada wanita yang tak pernah bisa ia ajak bicara, atau tentang seorang jagoan yang diutus kebumi untuk menumpas kejahatan. Dalam bahasa Inggris, biasanya wujudnya seperti ini: the story tells us about a maid that goes to a dance party in a castle, atau, about a father that always lie to his son.

 

Apapun bentuknya, biasanya subyek yang ditulis di awal kalimat selalu manusia. Mungkin ada beberapa yang mau membuat subyeknya non-manusia, seperti binatang, matahari, air, waktu, atau apapun. Namun biasanya akan menemui kesulitan dalam pengembangannya karena subyek-subyek non-manusia kadang tidak bisa melakukan aksi dan jarang sekali memiliki problem yang menarik. Seandainya tetap ingin membuat subyek non-manusia, biasanya subyek tersebut tetap “dimanusiakan”, atau dipersonifikasikan, dan tetap memiliki karakter-karakter manusia.


Contoh ide cerita: sepesang kekasih yang telah menikah saat kelas dua SMA dan memiliki seorang anak.

 

CERITA DASAR


Ide cerita yang cuma satu kalimat harus dikembangkan kedalam cerita dasar (basic story), yang isinya tidak lebih dari satu halaman folio dengan spasi satu setengah dan font times new roman ukuran 12. Biasanya cerita dasar berkisar setengah halaman saja. Isi dari cerita dasar itu ada keterangan tempat dan waktu, keterangan tokoh-tokoh yang muncul dalam cerita, problem-problem utama, serta penyelesaian. Jangan malu-malu untuk menulis akhir dari cerita yang dibuat, jangan disimpan-simpan sendiri atau untuk membuat surprise orang. Tidak ada orang yang bisa anda kejutkan dalam proses penulisan skenario.

 

KARAKTER


Dalam skenario yang akan kita buat, akan muncul tokoh-tokoh. Kita harus membuat dan mengenalinya lebih dalam. Gunanya banyak. Kita akan tahu bagaimana tokoh tersebut berdialog, berpikir dan bertindak. Kita akan tahu bagaimana si tokoh akan memecahkan masalah. Juga bagaimana koflik antara satu tokoh dengan tokoh lain.
Pada tahap pencarian pemain (casting), penjelasan karakter juga sangat membantu untuk menemukan pemain yang cocok untuk memerankan tokoh yang dibuat. Selanjutnya, bagi pemain itu sendiri akan lebih mudah untuk memahami karakter tokoh yang harus dimainkannya.

 

Untuk mengembangkan karakter tokoh, kita bisa melakukannya dengan memberikan data mengenai : nama lengkap dan panggilan, agama, umur, hubungan keluarga dan pertemanan, kegemaran (ilmu pengetahuan, film, musik, olahraga, bacaan, makanan), ciri-ciri fisik, intelejensia, gaya busana, cara berbicara, sifat, tempat tinggal, dan lain-lain.


Contoh perincian karakter: Sinta, cewek SMA usia 18 tahun, tidak terlalu pintar. Tatap matanya genit, murah senyum, rambutnya yang ikal panjang sampai ke punggung, dan tubuhnya ramping. Seorang cewek glamour yang selalu tampil seksi. Hobi jalan-jalan dan shopping. Tinggal di sebuah komplek perumahan elit. Orang tua sangat sibuk, jarang di rumah.

 

LOKASI


Untuk membuat adegan, kita harus menentukan set dan lokasi (tempat adegan berlangsung) terlebih dahulu. Ini akan memudahkan kita untuk menentukan adegan. Sedang apa, posisinya dimana, dari mana, menuju kemana, melihat apa atau memandang ke arah mana.


Tempat kejadian berlangsung itu bisa berupa set yang dibangun di studio, misalnya ruang-ruang dalam rumah seperti teras, ruang tamu, ruang tengah, kamar, dapur atau kita menggunakan bagian dari bangunan rumah yang sebenarnya. Yang dimaksud set tidak selalu harus rumah, tapi juga jalan atau tempat lain.

 

Penjelasan set ini, selain berguna bagi kita ketika membuat skenario, juga berguna sebagai petunjuk bagi set builder untuk membangun set di studio atau bagi unit produksi untuk mencarikan bagunan yang akan dijadikan sebagai set yang sesuai dengan tuntutan skenario.

 

PLOT


Penyusunan plot yang merupakan alur cerita sangat diperlukan dalam menulis skenario sebagaimana dalam penulisan novel maupun cerpen. Struktur plot lazimnya terdiri dari 3 (tiga) babak yaitu set up atau awal konflik, confrontation atau komplikasi masalah, dan resolution atau penyelesaian masalah. Dengan adanya plot yang disusun terlebih dahulu akan sangat membantu penulis dalam penulisan skenario.

 

Bentuk plot secara sederhana adalah sebagai berikut :

 

Babak I : Pada liburan kenaikan kelas dua, Sinta mengadakan party di rumahnya. Pesta usai dan teman-teman pulang. Karena dalam keadaan mabuk, Sinta menerima ajakan Andre, teman sekelasnya yang masih disitu, untuk bersetubuh. Sinta hamil. Untunglah Andre mau bertanggung jawab. Kelas dua SMA mereka resmi jadi suami istri dan beranak satu.

 

Babak II : Mereka masih labil. Menyelesaikan masalah dengan emosi. Sinta menuduh Andre selingkuh dengan Ratna, teman satu tim Andre di eskul basket. Andre tak terima, dia juga menuduh Sinta main belakang dengan Renald, kakak kelas mereka. Pertengkaran mewarnai hari-hari.

 

Babak III : Suatu hari ketika mereka bertengkar hebat, anak mereka yang masih belum genap setahun menagis keras. Minta susu. Sementara susu habis. Uang mereka juga tipis. Pada akhirnya mereka berjuang bersama untuk membelikan susu anaknya. Di tengah perjuangan membelikan susu, mereka sadar bahwa bertengkar terus tak ada guna. Ada anak mereka yang harus dipikirkan. Happy ending.

 

OUTLINE


Outline adalah susunan urutan adegan per adegan secara lebih rinci. Jadi bisa dikatakan bahwa outline adalah penjabaran dari plot. Contoh outline adalah sebagai berikut :
1. Di Rumah Sinta :
1.1. Sinta berjoged bersama teman-temannnya, mengikuti dentuman house music,
1.2. Sinta dan Andre saling curi-curi pandang,
1.3. Karena kebanyakan minum Sinta mabuk, party hampir usai,
1.4. Teman-teman sinta pulang, Andre terlihat enggan pulang,
1.5. Andre menyusul Sinta yang menuju kamar tidur, dst

 

SCENE


Scene atau scene heading merupakan informasi tentang adegan. Scene heading umumnya terdiri dari nomor scene, INT/EXT, lokasi adegan, dan waktu adegan. INT singkatan dari interior digunakan apabila pengambilan gambar dilakukan di dalam ruangan. sedangkan EXT singkatan dari exterior digunakan apabila pengambilan gambar dilakukan di luar ruangan. Adapun bentuk scene heading adalah sebagai berikut :


1. INT. RUMAH SINTA – MALAM

 

ACTION
Action atau aksi adalah keterangan mengenai kejadian dalam setiap scene atau adegan yang merupakan penjabaran dari outline yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk Scene 1 dapat ditulis sebagai berikut :
INT. RUMAH SINTA – MALAM
Sinta berjoged bersama teman-temannya mengikuti dentuman house music.

 

DIALOG & PARENTHETICAL
Dialog adalah kata atau kalimat yang harus diucapkan oleh karakter dalam adegan. Sedangkan parenthetical adalah pentunjuk aksi atau ekspresi yang harus dilakukan oleh karakter dalam mengucapkan dialog. Misalnya emosi, sedih, menangis, tersenyum, tertawa, dan sebagainya. Adapun dialog yang mengiringi perjalanan scene yang menunjukkan suara hati atau pikiran dari karakter tanpa melafalkan dialog digunakan istilah Voice Over (V.O), sedangkan dialog tanpa menampilkan karakter dalam adegan digunakan istilah Off Screen (O.S). Contoh dialog dan parenthetical adalah sebagai berikut :


1. INT. RUMAH SINTA - MALAM
Sinta dengan tank top dan rok mininya begitu enerjik berjoged bersama teman-temannya. Kedua tangannya diangkat ke atas dan berputar-putar mengikuti dentuman musik. Sementara kepalanya mengangguk-angguk.
SINTA


(V.O)


Hidup ini harus dirayakan. Harus berpesta. Aku tak pernah tahu, kenapa orang-orang masih punya alasan untuk bersedih. Bukankah hidup ini sudah susah? Kenapa pula hati selalu diliputi sedih, takut, bimbang, kecewa, ah bullshit! Bersenang-senang lah, berpesta lah!

 

ATURAN BAKU
Dalam menulis skenario terdapat beberapa aturan baku, di antaranya:
1. Font Courier New
2. Ukuran/size 12.
3. Spasi satu (1). Bukan satu setengah, bukan dua

 

Ketiga format dasar di atas ada hubungannya dengan durasi film. Secara internasional sudah diakui bahwa dengan font courier new, size 12 dan spasi 1, maka satu halaman skenario sama dengan satu menit film. 120 halaman skenario = 120 menit film, atau dua jam.


Pernyataan ini pun sebenarnya masih tergantung juga pada seberapa detil penjelasan visual di skenario tersebut, dan berapa perbandingan antara penjelasan visual/action, dengan dialognya.

 

ISTILAH PENTING
Ø BCU (BIG CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang sangat dekat. Biasanya, untuk gambar-gambar kecil agar lebih jelas dan detail, seperti anting tokoh.


Ø CU (CLOSE UP): Pengambilan gambar dengan jarak yang cukup dekat. Biasanya, untuk menegaskan detail sesuatu seperti ekspresi tokoh yang penting, seperti senyum manis atau lirikan mata. Tokoh biasanya muncul gambar wajah saja.
Ø COMMERCIAL BREAK: Jeda iklan. Penulis skenario harus memperhitungkan jeda ini, dengan memberi kejutan atau suspense agar penonton tetap menunggu adegan berikutnya.
Ø CREDIT TITLE: Penayangan nama tim kreatif dan orang yang terlibat dalam sebuah produksi
Ø CUT BACK TO: Transisi perpindahan dalam waktu yang cepat untuk kembali ke tempat sebelumnya. Jadi, ada satu kejadian di satu tempat, lalu berpindah ke tempat lain, dan kembali ke tempat semula.
Ø CUT TO: Perpindahan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi bersamaan, tetapi di tempat yang berbeda atau kelanjutan adegan di hari yang sama.
Ø DISSOLVE TO: Perpindahan dengan gambar yang semakin lama semakin kabur sebelum berpindah ke adegan berikutnya.
Ø ESTABLISHING SHOT: Pengambilan gambar secara keseluruhan, biasa disingkat ESTABLISH saja.
Ø EXT.(EXTERIOR): Menunjukan tempat pengambilan gambar diluar ruangan.
Ø FADE OUT: Perpindahan gambar dari terang ke gelap secara perlahan.
Ø FADE IN: Perpindahan gambar dari gelap ke terang secara perlahan.
Ø FLASHBACK: Ulangan atau kilas balik peristiwa. Biasanya, gambarnya dibedakan dengan gambar tayangan sekarang.
Ø FLASHES: Penggambaran sesuatu yang belum terjadi dalam waktu cepat; contohnya: orang melamun.
Ø FREEZE: Aksi pada posisi terakhir. Harus diambil adegan yang terjadi pada tokoh utama dan dapat membuat penonton penasaran sehingga membuat penonton bersedia menunggu kelanjutannya.
Ø INSERT: Sisipan adegan pendek, tetapi penting di dalam satu scene.
Ø INTERCUT: Perpindahan dengan cepat dari satu adegan ke adegan lain yang berbeda dalam satu kesatuan cerita.
Ø INT. (INTERIOR): Pengambilan gambar pada jarak jauh. Biasanya untuk gambar yang terlihat secara keseluruhan.
Ø LS (LONG SHOT): Pengambilan gambar pada jarak jauh. Biasanya untuk gambar yang terlihat secara keseluruhan.
Ø MAIN TITLE: Judul cerita pada sinetron atau film.
Ø MONTAGE: Beberapa gambar yang menunjukkan adegan berurutan dan mengalir. Bisa juga menunjukkan beberapa lokasi yang berbeda, tetapi merupakan satu rangkaian cerita.
Ø OS (ONLY SOUND): Suara orang yang terdengar dari tempat lain; berbeda tempat dengan tokoh yang mendengarnya.
Ø PAUSE: Jeda sejenak dalam dialog, untuk memberi intonasi ataupun nada dialog.
Ø POV (POINT OF VIEW): Sudut pandang satu atau beberapa tokoh terhadap sesuatu yang memegang peranan penting untuk tokoh yang bersangkutan.
Ø SCENE: Berarti adegan atau bagian terkecil dari sebuah cerita.
Ø SLOW MOTION: Gerakan yang lebih lambat dari biasanya. Untuk menunjukkan hal yang dramatis.
Ø SFX (SOUND EFFECT): Untuk suara yang dihasilkan di luar suara manusia dan ilustrasi musik. Misalnya, suara telepon berdering, bel sekolah, dll.
Ø SPLIT SCREEN: Adegan berbeda yang muncul pada satu frame atau layar.
Ø TEASER: Adegan gebrakan di awal cerita untuk memancing rasa penasaran penonton agar terus mengikuti cerita.
Ø VO (VOICE OVER): Orang yang berbicara dalam hati. Suara yang terdengar dari pelakon namun bibir tidak bergerak.

 

Demikianlah penjelasan sekilas tentang skenario. Seiring waktu, tak menutup kemungkinan terjadi perubahan-perubahan format penulisan skenario. Akan tetapi, untuk saat ini format penulisan skenario kurang lebih sama seperti penjabaran di atas. Semoga bermanfaat.

 

 

Rahmat HM
Materi untuk pelatihan menulis skenario
FLP Ciputat

 

 

 

 


KOMENTAR

29 Komentar

Mantap
Dikirm oleh : Harudin Buton, tanggal 13 - 09 - 2011
penulisan skenario diatas sangat mudah diserap oleh pembaca dan bermanfaat buat para penulis jadkan sebagai Sistimatika penulisa.thanks Atas Infonya
gak tau
Dikirm oleh : RiMuTho, tanggal 22 - 10 - 2011
saya minya izin untuk copy paste y
oke
Dikirm oleh : wd. Atika, tanggal 24 - 02 - 2012
izin copy paste ya,,ini sangat bermanfaat dan terimakash atas infox.
pingin ngirim ide cerita buat film layar lebar persahabatan yang berujung maut
Dikirm oleh : indro cahyono, tanggal 25 - 09 - 2012
ada seseorang yg keluarganya dibunuh oleh pengusaha kaya,karena nggak sanggup bayar hutang.dan dia mengajak 6 teman nya yg berbagai macam profesi dan suku akhirnya berkumpul siap membantu nya.pada saat balas dendam dia dan kawan 2nya berhasil.kemudian dia pulang kekota asalnya dengan naik bis dan kereta.ditengah perjalanan 2tmn wanita yg turut membantunya merasa ada kekuatan kutukan dari sang pengusaha itu.akhirnya mereka ber7 berkumpul dan berdoa minta petunjuk dari tuhan.tanpa hasil yg pasti ada satu orang diantara mereka yg merasa ada kekuatan yg sangat besar mengincar mereka ber7..................tunggu kelanjutan ceritanya ya boooooos............sampai akhirnya yg selamat 2 wanita dan 1 orang cowok yg masih dilindungi oleh kekuatan leluhurnya.dan mengetahui dalang dari semua ini adalah anak dari sang pengusah yg balas dendam krn melihat gambar mereka di sisi tv.menyuruh dukun hebat dan pembunuh bayaran mengejar mereka.hub 085229177772 ni karyaku
skenario
Dikirm oleh : aima, tanggal 29 - 09 - 2012
petunjuknya mudah dipahami
thanks
Dikirm oleh : enangmuhammad, tanggal 10 - 11 - 2012
makasih ya atas infonya, maaf saya copy paste .. hehe
thanks banget,bisa tambah ilmu nh..
Dikirm oleh : erick, tanggal 13 - 11 - 2012
tapi sy masih ragu karna masih sulit menjaadikan cerpen sy menjadi sebuah skenario.apa bisa sy lihat contoh2 skenario film??untuk sy jadikan arahan,agar skenario yg saya tulis tetap terarah..
skenario
Dikirm oleh : fadhliah, tanggal 19 - 11 - 2012
info ttg sistematika pnulisan skenario di atas mudahh tuk dipahami,,!
menarik
Dikirm oleh : okta, tanggal 20 - 11 - 2012
jujur infonya ngebantu saya banget, pengeeeen banget belajar langsung sama yg nulis ini, sekolah beginian mahal bgt lagi heheh... kalo berminat hubungi saya ya bung, sama2 diciputat ini :)
credit title
Dikirm oleh : zooey, tanggal 27 - 11 - 2012
TOP infonya ;-)
ada tak mau meminta dalam perjuangan hidup
Dikirm oleh : riki hamdani, tanggal 29 - 12 - 2012
ini menceritakan seorang anak serba berkecukupan. tapi tidak mau meminta buat sekolahnya. disisi lain! orang tuanya ngak pernah setuju kalau dia sekolah..
sianak hanya ingin sekolah apapun yang terjadi pada dirinya. dia rela kerja di batu bata ( gudang bata merah ) . dengan terik panas matahari , kotor nya lumpuran dia ngak hiraukan.
tujuannya hanya satu? sekolah demi masa depan......

maaf cerita ini kisah diri ku sendiri....
dari sd , smp, sma nasib ku sangat ironis..
pulang sekolah hanya lumpur yang di pegang , panas yang harus dilawan...
saat ini mau kuliah masih ini yang saya lakukan....ngak ky teman teman....tujuan sya hanya satu pengen jd penulis....

bs ngak naskah saya di promosikan...perjalanan hidup....
Pembuatan skenario
Dikirm oleh : amin , tanggal 30 - 12 - 2012
dalam menulis skenario kertas yang digunakan itu kertas folio atau bukan ?
terus kalau menulis skenarionya pakai mesin ketik atau secara manual ?

cuman itu yang saya tanyakan terima kasih
Pembuatan skenario
Dikirm oleh : amin , tanggal 30 - 12 - 2012
dalam menulis skenario kertas yang digunakan itu kertas folio atau bukan ?
terus kalau menulis skenarionya pakai mesin ketik atau secara manual ?

cuman itu yang saya tanyakan terima kasih
thanks buat info na
Dikirm oleh : marta yuanda, tanggal 23 - 02 - 2013
saya tertarik jd penulis sya mau kuliah gx ada biaya bsa gx tolong ksh sya belajar dri anda,,, klo bsa hub sya ya ni no hp saya 085377409298
sya punya banyak ide cerita tp blm bsa sya buat jd scenario,,nie salah satu na BUKAN PUNGGUK YG MERINDUKAN BULAN
nie cerita tetantang seseorng yg cinta na selama setahun lebih belum jg terbalas,, yg akhirna cinta itu dbls saat ultah na yg ke 22
menarik untuk d pelajari
Dikirm oleh : valdy, tanggal 23 - 02 - 2013
gimana yaaa....
caranya mau kirim skenario kita..
d FTV...
berapa harga yg bisa d tawarkan kepada kita pembuat skenario...?
sadut tukang kebun
Dikirm oleh : sadut, tanggal 27 - 03 - 2013
skenario saya ga bagus
sadut tukang kebun
Dikirm oleh : curhat.slow, tanggal 27 - 03 - 2013
boleh saya copy paste ga??
sangat bermanfaat
Dikirm oleh : andan, tanggal 27 - 03 - 2013
Trima kasih
skenario
Dikirm oleh : Riza Umami, tanggal 28 - 03 - 2013
oke ! saatnya buat praktek :D
skenario
Dikirm oleh : Riza Umami, tanggal 28 - 03 - 2013
oke ! saatnya buat praktek :D
Penulis skenario
Dikirm oleh : Altim, tanggal 29 - 06 - 2013
Bagus bangat.. kalau mau kirim naskah kita kemana ya? caranya gimana?
Penulis
Dikirm oleh : Fauzi Saputra, tanggal 23 - 09 - 2013
mohon infonya untuk mengirim cerita/naskah film ftv
beribu terimakasih deh
Dikirm oleh : Yuna, tanggal 23 - 09 - 2013
makasih ya, membantu banget.. lagi ada praktek buat film, jadinya harus tahu tekhniknya dulu... ijin co-pas ya :D
beribu terimakasih deh
Dikirm oleh : Yuna, tanggal 23 - 09 - 2013
makasih ya, membantu banget.. lagi ada praktek buat film, jadinya harus tahu tekhniknya dulu... ijin co-pas ya :D
karya sya
Dikirm oleh : saifgudin aulya akhsan, tanggal 24 - 09 - 2013
berawal drie cerita sya sendiri

cerita sya mulai drie sya lulus smp
to the point ajjh
AD SEORANG ANAK ,SEBUT SJA DIA AKHSAN ,DIA SEKOLAH DI SEBUAH PONDOK PESANTREN ,DI PONDOK TERSEBUT DYA BLAJAR,DGN TMN,, YG BYK BGT TPI PASTI AD KN TMEN TERDEKET ,SLAH SATUNYA RAHMAT,FAHMIE MEREKA* SMA MENUNTUT LMU PONDOK ERSEBUT
skenario
Dikirm oleh : rambo ginting suka , tanggal 10 - 11 - 2013
contoh skenarionya bagus aku suka
Distri busi karya.
Dikirm oleh : Irvan R, tanggal 13 - 11 - 2013
Gimana tuh kalo kita dah punya naskah skenario,terus ga tau mau di apain naskahnya.pinginnya sih ada yg mau nerima dan dijadiin film.Tapi gimana caranya..?
TOGEL BOCORAN
Dikirm oleh : I B R A H I M, tanggal 15 - 11 - 2013
saya mau berbagi cerita kepada teman-teman nmelalui media internet
yang dlu nya saya berkerja sebagai pedagang asongan yang selalu mendapat
kan reski yang tidak tertentu untuk menafkai keluarga saya istri dan 2 anak
saya,namu suatu hari saya merasa kebingungan karna anak saya kepingin
lanjut sekolah dan ingin mencapai cita-cita nya,namu saya berbicara dalam hati
apa kah anak saya bisah melanjut kan sekolah dan mencapai cita-cita nya
sedangkan penghasiln yang aku dapatkan tidak tertentu cuma cukup/
paspsan untuk makan aku merasa sedih melihrt anak-anak saya yang selalu nya
termenung dia takut kalau putus sekolah,namu suatu hari aku berusaha
mencari pinjaman kepada orang namun tak satu pun orang yang mau
membantuku karna aku tak satu pun apa-apa yang bisa aku simpan
sebagai jaminan,aku merasa kebingungan dan aku pasrakan pada yang
maha kuasah karna kalau memang sudah kehendak nya anak saya sudah
tidak bisah lanjut sekolah lagi kami terima atas ketidak sanggupan saya
sebagai orang tua yang tidak mampu membiayai sekolah anak saya.
namu suatu hari aku bedagang di depan stadio aku mendengar cerita pada
teman teman kalo EYANG JINGGO bisah membantu orang yang lagi
kesusahan,namun saya dulu nya tidak percaya dengan yang namanya
peramal,tapi saya juga berpikir tidak ada salah kita mencoba,dan memikirkan
anak saya yang penuh semangat ingin mencapai cita-cita nya,saya coba
bergabung dan menjadi member EYANF JINGGO dan saya menghubungi
EYANG JINGGO di nomor-0852-812-0019- meminta angka jitu/goib hasil
ritual,walau saya harus menscari pinjama uwang untuk membayar mahar
supaya kita mendapat kan angka goib nya,alhamdu lillah atas pemberian
dan bantuan EYANG JINGGO kami menang togel 175 juta,atas keberasilan
kami,memenangkan togel semua hutang-hutang kami telah terlunasih.termasuk
uwang pinjaman di koprasih,dan anak saya juga sudah bisah lanjut sekolah lagi
mudahan bisah mencapai cita-cita yang selama ini dia impi-impi kan...
dan sekarang kami sekeluarga mau berbagi kepada teman-teman semua
jika anda mau mengubah nasip atau butuh angka jiti/goib hasil ritual HUB
EYANG JINGGO di-0852-8122-0019-di jamin 100% tembus sudah terbukti
bukan cuma pada kami tapi banyak orang yang berhasil melalui bantuan
EYANG JINGGO,jika anda yakin dengan angka goib silahkan buktikn
nice info
Dikirm oleh : nony elya wijaya, tanggal 23 - 11 - 2013
info nya sangat bagus .. menanbah ilmu juga
terimakasih telah menjelaskan nya secara detail .
jadi pengen banget jadi penulis

Silahkan isi form dibawah ini untuk mengirim komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :