Agar tidak kena Kutu, Begini Cara Menyimpan Beras yang Benar

  • Whatsapp
cara menyimpan beras

Apa ada beras kadaluarsa? Itulah yang kadang ditanyakan oleh orang yang kurang paham tentang dunia perberasan. Pada umumnya beras yang disimpan di tempat lembab dan tidak ditutup rapat akan cepat kena kutu kemudian tercium bau tidak enak.

Agar kutu beras tidak mampir, sebetulnya ada cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Tidak butuh sesuatu yang mahal untuk bera terhindar dari kutu beras.

Bacaan Lainnya

Lihat juga: Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Berikut ini cara menyimpan beras yang benar dan tepat

  1. Memilih Beras bermutu
    Pertama yang perlu dilakukan adalah tidak asal membeli beras. Dengan memilih beras bermutu maka akan lebih mudah menyimpan dalam jangka waktu panjang. Kualitas terjamin dari petani tanpa ada tambahan bahan lainnya tentu memberikan efek simpan lebih efektif. 
  2. Cek Kondisi Wadah
    Cek terlebih dulu tempat penyimpanan, apakah sudah bersih atau masih ada sisa kotoran. Jika masih ada sisa kotoran usahakan bersihkan kembali sebelum digunakan untuk menyimpan beras. Hal ini dilakukan akan tidak menimbulkan kutu di kemudian hari. 
  3. Gunakan tempat penyimpanan yang tertutup
    Dulu waktu di tempat mbah ada tempat penyimpanan beras yang terbuat dari bahan gerabah. Namanya kalau tidak salah gentong, memang sekilas mirip dengan tempat untuk menampung air. Nah di tempat tersebut ditutup pada bagian atasnya. Kalau jaman sekarang tempat penyimpanan biasanya lebih modern dengan nama rice box. Dijamin aman dari kutu untuk penyimpanan jangka panjang mah ini.
  4. Pilih Lokasi penyimpanan Beras
    Usahakan menyimpan beras pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan cenderung gelap. Selain itu beras bisa bertahan lama pada cuaca yang sedikit lembab atau di suhu 21 derajat celcius. 
  5. Disimpan terlebih dulu di dalam Kulkas
    Ini adalah cara menghilangkan kutu beras paling efektif. Dengan tingkat suhu yang rendah maka kutu tidak dapat berkembang biak sehingga beras tetap terjaga. Tidak perlu terlalu lama menyimpan dalam kulkas karena memang tujuannya untuk mensterilkan beras dari kutu saja. kalau sudah 5 hari bisa dikeluarkan dan disimpan pada tempat penyimpanan yang ditutup rapat.

Nah itulah beberapa cara untuk menyimpan beras agar kutu beras tidak mampir. Semoga dengan pengetahuan baru ini membawa anda pada beras Linggasari yang terkenal akan enak, berkualitas dan terjamin langsung dari petani.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *