Apa Kewenangan Komnas HAM Terkait Fungsi Kajian dan Penelitian

Kewenangan Komnas HAM Terkait Fungsi Kajian dan Penelitian

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) adalah lembaga negara yang bertugas untuk melindungi dan memajukan hak asasi manusia di Indonesia. Komnas HAM dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Salah satu fungsi Komnas HAM adalah melakukan kajian dan penelitian tentang isu-isu hak asasi manusia yang berkembang di masyarakat.

Fungsi kajian dan penelitian ini sangat penting untuk mendukung tugas-tugas lain Komnas HAM, seperti penyuluhan, pengkajian, pemantauan, mediasi, dan penyelidikan pelanggaran hak asasi manusia. Dengan melakukan kajian dan penelitian, Komnas HAM dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang berdasarkan pada data dan fakta yang akurat dan objektif. Selain itu, kajian dan penelitian juga dapat meningkatkan kapasitas dan kredibilitas Komnas HAM sebagai lembaga yang profesional dan independen.

Untuk melaksanakan fungsi kajian dan penelitian, Komnas HAM memiliki kewenangan-kewenangan tertentu yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999. Kewenangan-kewenangan ini meliputi:

Bacaan Lainnya
  • Menetapkan kebijakan dan program kerja kajian dan penelitian.
  • Menyusun metodologi dan instrumen kajian dan penelitian.
  • Melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data dan informasi.
  • Melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah, lembaga penelitian, organisasi masyarakat sipil, dan lembaga internasional.
  • Menyebarkan hasil-hasil kajian dan penelitian kepada publik dan pemangku kepentingan.

Berikut adalah soal pilihan ganda yang berkaitan dengan materi di atas. Silakan pilih jawaban yang benar dan baca penjelasannya.

Soal: Tunjukkan kewenangan Komnas HAM terkait fungsi kajian dan penelitian?

A. Menyusun metodologi dan instrumen kajian dan penelitian. 
B. Menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia. 
C. Menetapkan standar hak asasi manusia nasional. 
D. Menyampaikan laporan tahunan kepada DPR.

Jawaban: A. Menyusun metodologi dan instrumen kajian dan penelitian.

Penjelasan: Jawaban A benar karena merupakan salah satu kewenangan Komnas HAM terkait fungsi kajian dan penelitian, sebagaimana diatur dalam Pasal 89 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999. Jawaban B salah karena merupakan tugas Komnas HAM terkait fungsi penyelidikan, sebagaimana diatur dalam Pasal 89 ayat (1) huruf e Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999. Jawaban C salah karena merupakan tugas Komnas HAM terkait fungsi pengkajian, sebagaimana diatur dalam Pasal 89 ayat (1) huruf c Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999. Jawaban D salah karena merupakan tugas Komnas HAM terkait fungsi pelaporan, sebagaimana diatur dalam Pasal 89 ayat (1) huruf f Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999.

Baca juga: Pernyataan yang sesuai dengan Teori Keunggulan Komparatif adalah

Penutup

Demikianlah artikel tentang kewenangan Komnas HAM terkait fungsi kajian dan penelitian. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda gambaran yang jelas dan lengkap tentang topik ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *