Apakah yang mendasari sikap persatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan?

Apakah yang mendasari sikap persatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan

Sikap persatuan adalah sikap yang menunjukkan kesadaran akan pentingnya menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa. Sikap persatuan juga berarti menghargai perbedaan dan keragaman yang ada di dalam bangsa, serta bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Sikap persatuan sangat dibutuhkan dalam memperjuangkan kemerdekaan, baik dari penjajahan maupun dari berbagai tantangan yang mengancam kedaulatan bangsa.

Salah satu contoh sikap persatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan adalah Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 oleh para pemuda dari berbagai daerah, suku, agama, dan golongan di Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah yang menegaskan bahwa bangsa Indonesia adalah satu bangsa, yang memiliki satu tanah air, satu bahasa, dan satu semangat. Sumpah Pemuda menjadi landasan bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sikap persatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan juga terlihat dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah hasil dari perjuangan rakyat Indonesia yang tidak mau tunduk kepada penjajah Jepang maupun Belanda. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia juga menunjukkan bahwa rakyat Indonesia bersatu dalam menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menjadi momentum bagi pembentukan negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Bacaan Lainnya

Jawaban Soal

Apakah yang mendasari sikap persatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan?

A. Kesamaan ras dan warna kulit
B. Kesamaan agama dan kepercayaan
C. Kesamaan cita-cita dan nasib
D. Kesamaan budaya dan adat istiadat

Jawaban yang benar adalah C. Kesamaan cita-cita dan nasib.

Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Sikap persatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan didasari oleh kesamaan cita-cita dan nasib yang dialami oleh rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia memiliki cita-cita yang sama yaitu merdeka dari penjajahan dan menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang berdaulat. Rakyat Indonesia juga memiliki nasib yang sama yaitu mengalami penindasan, penjajahan, dan penderitaan di bawah kekuasaan kolonial. Oleh karena itu, rakyat Indonesia bersatu dalam memperjuangkan kemerdekaan dengan mengesampingkan perbedaan yang ada di antara mereka.

Baca juga: Indonesia adalah Negara Hukum pernyataan tersebut mengandung arti bahwa

Penutup

Sikap persatuan dalam memperjuangkan kemerdekaan adalah sikap yang harus kita teladani dan teruskan sebagai generasi penerus bangsa. Sikap persatuan adalah modal utama bagi kita untuk menghadapi berbagai tantangan dan ancaman yang menghadang kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Sikap persatuan juga adalah jaminan bagi kita untuk menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa yang beragam dan kaya. Mari kita jaga dan pupuk sikap persatuan dalam diri kita, dalam keluarga kita, dalam masyarakat kita, dan dalam bangsa kita. Indonesia, tanah airku, tanah tumpah darahku, Indonesia, bangsaku, bangsa yang ku cintai. Merdeka!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *