Geotermal digunakan dalam Pembangkit Listrik Tenaga apa?

Geotermal digunakan dalam pembangkit listrik tenaga apa

Geotermal adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sumber energi panas bumi atau geothermal. Panas bumi adalah panas yang terbentuk secara alami di dalam bumi akibat aktivitas vulkanik, tektonik, dan radiasi matahari. Panas bumi memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan karena dapat diperbarui secara terus-menerus dan tidak habis habis seperti sumber energi fosil.

Salah satu cara untuk memanfaatkan panas bumi adalah dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga geotermal (PLTG). PLTG adalah sistem yang mengubah panas bumi menjadi energi listrik dengan menggunakan uap atau air panas sebagai media pemanasan. PLTG dapat berupa pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) atau pembangkit listrik tenaga air panas bumi (PLTA).

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Geotermal

Prinsip kerja PLTG adalah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
  • Pertama, pengeboran sumur dilakukan untuk mengekstraksi panas bumi dari dalam tanah. Sumur-sumur ini biasanya berada di daerah pegunungan atau vulkanik yang memiliki suhu permukaan tinggi.
  • Kedua, uap atau air panas yang keluar dari sumur dialirkan ke turbin penggerak generator. Turbin ini berfungsi untuk memutar generator yang menghasilkan energi listrik.
  • Ketiga, uap atau air panas yang keluar dari turbin dikondensasi kembali menjadi cairan dan didinginkan oleh chiller. Cairan ini kemudian disalurkan kembali ke sumur untuk mengulangi siklusnya.

Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Geotermal

Ada dua jenis PLTG utama, yaitu PLTP dan PLTA.

  • PLTP adalah jenis PLTG yang menggunakan uap sebagai media pemanasan. Uap diproduksi oleh mencairkan air panas dari sumur ke dalam sebuah ruang tertutup bernama steam receiver. Uap kemudian dialirkan ke turbin penggerak generator.
  • PLTA adalah jenis PLTG yang menggunakan air sebagai media pemanasan. Air diproduksi oleh mencairkan air dingin dari sumur ke dalam sebuah ruang tertutup bernama heat exchanger. Air dingin ini kemudian dialirkan ke turbin penggerak generator.

Baca juga: Sumber Daya Yang Dibutuhkan Sebagai Pelaku Kegiatan Produksi Usaha Adalah…

Potensi dan Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Geotermal

Indonesia memiliki potensi geotermal terbesar di dunia dengan cadangan sekitar 10 miliar meter kubik. Indonesia juga memiliki lokasi geografis yang mendukung pengembangan PLTG, seperti pegunungan, vulkanik, dan daerah bersalju. Oleh karena itu, Indonesia memiliki peluang besar untuk memanfaatkan geotermal sebagai sumber energi terbarukan.

Manfaat dari penggunaan geotermal antara lain:

  • Mengurangi ketergantungan pada impor minyak dan gas alam
  • Menghemat biaya operasi dan pemeliharaan
  • Mengurangi emisi gas rumah kaca
  • Meningkatkan ketahanan energi nasional
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja

Jawaban Soal

Berikut adalah jawaban soal dari pertanyaan Anda:

Geotermal digunakan dalam pembangkit listrik tenaga apa?

A) Pembangkit Listrik Tenaga Tenaga Air (PLTA)
B) Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)
C) Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang (PLTG)
D) Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan (PLTE)

Jawaban: B) Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Penjelasan: Geotermal digunakan dalam pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), yaitu jenis pembangkit listrik tenaga terbarukan yang memanfaatkan uap atau air panas sebagai media pemanasan.

Baca juga: Suatu Gelombang Stasioner mempunyai Persamaan y 0 2 cos

Penutup

Demikianlah artikel yang saya buatkan untuk Anda tentang geotermal digunakan dalam pembangkit listrik tenaga. Saya berharap artikel ini dapat memberikan Anda informasi yang bermanfaat dan menarik tentang sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Terima kasih telah membaca artikel ini. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *