Identifikasikan Prinsip-Prinsip Sistem Ketahanan Nasional

identifikasikan prinsip prinsip sistem ketahanan nasional

Sistem ketahanan nasional adalah suatu sistem yang menyelenggarakan pertahanan dan keamanan negara dengan melibatkan segenap potensi dan kekuatan nasional. Sistem ini bertujuan untuk mempertahankan kedaulatan, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam sistem ketahanan nasional, terdapat beberapa prinsip yang harus dipahami dan diterapkan oleh seluruh komponen bangsa. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut.

Prinsip Cinta Damai Tetapi Lebih Cinta Kemerdekaan

Prinsip ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang cinta damai dan tidak ingin berkonflik dengan bangsa lain. Namun, jika kedaulatan dan kemerdekaan bangsa terancam, maka bangsa Indonesia akan berjuang dengan segala cara untuk mempertahankannya. Prinsip ini mengajarkan kita untuk menghargai perdamaian, tetapi juga tidak takut untuk membela negara.

Prinsip Berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Wawasan Nusantara

Prinsip ini menunjukkan bahwa sistem ketahanan nasional harus berlandaskan pada landasan ideal, konstitusional, dan visional yang telah disepakati oleh bangsa Indonesia. Landasan ideal adalah Pancasila, yang merupakan ideologi dan falsafah hidup bangsa. Landasan konstitusional adalah UUD 1945, yang merupakan hukum dasar negara. Landasan visional adalah wawasan nusantara, yang merupakan pandangan geopolitik dan geostrategik bangsa. Prinsip ini mengajarkan kita untuk menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma-norma yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, dan wawasan nusantara.

Bacaan Lainnya

Prinsip Upaya Terpadu yang Melibatkan Segenap Potensi dan Kekuatan Nasional

Prinsip ini menunjukkan bahwa sistem ketahanan nasional tidak hanya melibatkan unsur-unsur militer, tetapi juga unsur-unsur nonmiliter, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, hankam, dan lain-lain. Prinsip ini juga menunjukkan bahwa sistem ketahanan nasional tidak hanya diselenggarakan oleh pemerintah, tetapi juga oleh rakyat, baik secara individu maupun kolektif. Prinsip ini mengajarkan kita untuk bersatu dan berpartisipasi dalam upaya pertahanan dan keamanan negara.

Baca juga: Pernyataan yang Tepat Berkaitan dengan Hak Warga Negara

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem ketahanan nasional adalah sistem yang penting bagi bangsa Indonesia untuk mempertahankan eksistensinya di tengah tantangan dan ancaman yang ada. Untuk itu, kita harus memahami dan menerapkan prinsip-prinsip sistem ketahanan nasional, yaitu prinsip cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan, prinsip berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan wawasan nusantara, dan prinsip upaya terpadu yang melibatkan segenap potensi dan kekuatan nasional. Dengan demikian, kita dapat berkontribusi dalam menjaga dan memelihara ketahanan nasional Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *