Indonesia adalah Negara Hukum pernyataan tersebut mengandung arti bahwa

Indonesia adalah Negara Hukum pernyataan tersebut mengandung arti bahwa

Indonesia adalah negara hukum. Pernyataan ini bukan sekadar slogan atau klaim belaka, melainkan merupakan prinsip dasar yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945). Dalam Pembukaan UUD 1945, alinea keempat, disebutkan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”. Untuk mencapai tujuan tersebut, Indonesia harus menjunjung tinggi hukum sebagai alat untuk mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Indonesia adalah negara hukum yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pancasila adalah ideologi dan falsafah bangsa Indonesia yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. UUD 1945 adalah konstitusi tertinggi yang mengatur bentuk dan kedaulatan negara, sistem pemerintahan, hak dan kewajiban warga negara, serta lembaga-lembaga negara. Pancasila dan UUD 1945 merupakan sumber hukum utama yang harus dihormati dan dipatuhi oleh semua elemen bangsa.

Indonesia adalah negara hukum yang mengakui dan menjamin hak asasi manusia (HAM). HAM adalah hak-hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang berakal dan bermartabat. HAM bersifat universal, tidak dapat dicabut, dan harus dilindungi oleh negara. Indonesia telah meratifikasi berbagai instrumen internasional tentang HAM, seperti Deklarasi Universal HAM, Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik, Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya, dan Konvensi tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan. Selain itu, Indonesia juga memiliki Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sebagai lembaga independen yang bertugas untuk memajukan, melindungi, dan memantau pelaksanaan HAM di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Soal Pilihan Ganda

Indonesia adalah negara hukum pernyataan tersebut mengandung arti bahwa:

A. Indonesia adalah negara yang memiliki hukum yang berlaku bagi seluruh rakyatnya
B. Indonesia adalah negara yang menjadikan hukum sebagai dasar dan tujuan negara
C. Indonesia adalah negara yang menghormati dan menegakkan hukum secara adil dan demokratis
D. Indonesia adalah negara yang mengutamakan kepentingan hukum di atas kepentingan politik dan ekonomi

Jawaban yang benar adalah B. Indonesia adalah negara yang menjadikan hukum sebagai dasar dan tujuan negara. Artinya, Indonesia didirikan berdasarkan hukum yang tertuang dalam UUD 1945 dan Pancasila, dan Indonesia bertujuan untuk mewujudkan ketertiban, keadilan, dan kesejahteraan yang berdasarkan hukum. Jawaban A, C, dan D adalah implikasi atau konsekuensi dari jawaban B, tetapi bukan merupakan arti utama dari pernyataan tersebut.

Baca juga: Analisis Tujuan Pembagian Kekuasaan bagi Tiap-Tiap Lembaga Negara

Penutup

Demikianlah artikel tentang Indonesia adalah negara hukum. Saya harap artikel ini dapat memberikan Anda informasi dan pemahaman yang berguna tentang konsep dan implementasi negara hukum di Indonesia. Saya juga berharap artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk turut serta dalam menjaga dan memperkuat negara hukum di Indonesia. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *