Kemukakan pengaruh Bahan Induk terhadap proses Perkembangan Tanah

Kemukakan pengaruh Bahan Induk terhadap proses Perkembangan Tanah

Tanah adalah lapisan teratas kerak bumi yang memiliki ciri dan sifat beragam di setiap lokasi. Tanah merupakan hasil dari proses pembentukan yang berlangsung selama jutaan tahun. Proses pembentukan tanah dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah bahan induk. Bahan induk adalah bahan pemula tanah, yang tersusun dari bahan organik dan atau mineral. Bahan induk dapat berasal dari batuan, mineral, abu vulkanik, atau bahan organik.

Bahan induk memengaruhi proses perkembangan tanah melalui komposisi mineralogi, tekstur, dan stratifikasi lapisannya. Bahan induk juga menentukan tingkat pelapukan, kesuburan, dan kandungan hara tanah. Bahan induk yang berbeda akan menghasilkan tanah yang berbeda pula. Misalnya, bahan induk yang berasal dari batuan beku akan menghasilkan tanah mineral yang kaya akan unsur hara, sedangkan bahan induk yang berasal dari bahan organik akan menghasilkan tanah organik yang kaya akan humus.

Bahan induk tanah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bahan induk residual dan bahan induk alokton. Bahan induk residual adalah bahan induk yang terbentuk di tempat asalnya, tanpa mengalami proses transportasi oleh air, angin, atau es. Bahan induk residual biasanya memiliki kedalaman yang lebih besar dan lebih tua dari bahan induk alokton. Bahan induk alokton adalah bahan induk yang terbentuk di tempat lain, kemudian diangkut dan diendapkan di tempat baru oleh air, angin, atau es. Bahan induk alokton biasanya memiliki kedalaman yang lebih dangkal dan lebih muda dari bahan induk residual.

Bacaan Lainnya

Jawaban Soal

Pertanyaan: Kemukakan pengaruh bahan induk terhadap proses perkembangan tanah.

A. Bahan induk tidak berpengaruh terhadap proses perkembangan tanah.
B. Bahan induk berpengaruh terhadap proses perkembangan tanah melalui komposisi mineralogi, tekstur, dan stratifikasi lapisannya.
C. Bahan induk berpengaruh terhadap proses perkembangan tanah melalui curah hujan, suhu, dan kelembaban udara.
D. Bahan induk berpengaruh terhadap proses perkembangan tanah melalui organisme hidup, relief, dan waktu.

Jawaban: B

Penjelasan: Bahan induk berpengaruh terhadap proses perkembangan tanah melalui komposisi mineralogi, tekstur, dan stratifikasi lapisannya. Komposisi mineralogi menentukan jenis dan kualitas mineral yang terdapat dalam tanah. Tekstur menentukan ukuran dan bentuk partikel tanah, yang mempengaruhi porositas, permeabilitas, dan kapasitas tukar kation tanah. Stratifikasi menentukan susunan dan ketebalan lapisan tanah, yang mempengaruhi erosi, infiltrasi, dan drainase tanah.

Baca juga: Mengapa Tumbuhan Lumut Dikategorikan ke dalam Kingdom Plantae?

Penutup

Demikianlah artikel tentang pengaruh bahan induk terhadap proses perkembangan tanah. Dari artikel ini, kita dapat mengetahui bahwa bahan induk merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi pembentukan tanah. Bahan induk menentukan ciri dan sifat tanah, yang berpengaruh terhadap kesuburan dan produktivitas tanah. Oleh karena itu, kita perlu memahami dan menjaga bahan induk tanah agar tanah tetap sehat dan berkelanjutan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *