Mapel Pendukung SNBP 2024

Mapel Pendukung SNBP 2024

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) yang didasarkan pada nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN. SNBP merupakan salah satu program dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2024.

Salah satu syarat untuk mengikuti SNBP 2024 adalah memiliki nilai rata-rata rapor yang memenuhi kriteria minimal yang ditetapkan oleh PTN. Nilai rata-rata rapor SNBP dihitung dari nilai rapor semester 1 sampai semester 5 untuk siswa kelas 12, atau semester 1 sampai semester 7 untuk siswa kelas 13. Nilai rapor yang dihitung adalah nilai mata pelajaran yang menjadi mapel pendukung SNBP.

Apa itu Mapel Pendukung SNBP?

Mapel pendukung SNBP adalah mata pelajaran yang berhubungan atau linier dengan program studi atau jurusan yang dipilih oleh calon mahasiswa. Mapel pendukung SNBP ditetapkan oleh PTN sesuai dengan rumpun ilmu dan kelompok prodi yang ada di PTN tersebut. Mapel pendukung SNBP berbeda-beda tergantung pada kurikulum yang digunakan oleh sekolah, yaitu Kurikulum Merdeka atau Kurikulum 2013.

Bacaan Lainnya

Kemendikbudristek telah mengeluarkan daftar mapel pendukung SNBP untuk lintas jurusan berdasarkan rumpun ilmu dan kelompok prodi di PTN. Daftar mapel pendukung SNBP dapat diunduh di portal SNPMB. Beberapa contoh mapel pendukung SNBP adalah sebagai berikut:

  • Rumpun Humaniora
    • Kelompok Prodi Seni: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Seni Budaya, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Seni Budaya.
    • Kelompok Prodi Sejarah: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Sejarah, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Sejarah Indonesia.
    • Kelompok Prodi Linguistik: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris.
    • Kelompok Prodi Susastra atau Sastra: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris.
  • Rumpun Sains dan Teknologi
    • Kelompok Prodi Matematika: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Matematika, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Matematika.
    • Kelompok Prodi Fisika: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Fisika, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Fisika.
    • Kelompok Prodi Kimia: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Kimia, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Kimia.
    • Kelompok Prodi Biologi: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Biologi, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Biologi.
  • Rumpun Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya
    • Kelompok Prodi Ekonomi: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Ekonomi, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Ekonomi.
    • Kelompok Prodi Sosiologi: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Sosiologi, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Sosiologi.
    • Kelompok Prodi Antropologi: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Antropologi, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Antropologi.
    • Kelompok Prodi Ilmu Politik: mapel pendukung Kurikulum Merdeka adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, mapel pendukung Kurikulum 2013 IPA/IPS/Bahasa adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Baca juga: Contoh Narasi Raport Kurikulum Merdeka

Mengapa Mapel Pendukung SNBP Penting?

Mapel pendukung SNBP penting karena menjadi salah satu faktor penentu dalam seleksi SNBP 2024. Nilai mapel pendukung SNBP akan mempengaruhi nilai rata-rata rapor SNBP yang menjadi syarat minimal untuk mengikuti SNBP. Nilai rata-rata rapor SNBP juga akan menjadi salah satu komponen dalam perhitungan nilai akhir SNBP yang akan menentukan kelulusan SNBP.

Selain itu, mapel pendukung SNBP juga penting karena menunjukkan minat dan bakat calon mahasiswa terhadap program studi atau jurusan yang dipilih. Mapel pendukung SNBP seharusnya sesuai dengan asas Merdeka Bertanggung Jawab yang menjadi landasan dari SNPMB. Asas Merdeka Bertanggung Jawab berarti calon mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih program studi atau jurusan sesuai dengan minat dan bakatnya, namun juga memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti proses seleksi dengan jujur dan adil.

Oleh karena itu, calon mahasiswa harus memperhatikan mapel pendukung SNBP yang berlaku untuk program studi atau jurusan yang diminati. Calon mahasiswa juga harus belajar dan berlatih dengan giat untuk meningkatkan nilai mapel pendukung SNBP agar dapat bersaing dalam SNBP 2024.

baca juga: Contoh Refleksi Orang Tua di Raport PAUD

Penutup

Demikian artikel tentang mapel pendukung SNBP 2024 yang saya buat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang ingin mengikuti SNBP 2024. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel ini. Selamat belajar dan semoga sukses!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *