Muara Pembuluh-pembuluh Trakea disebut

muara pembuluh pembuluh trakea disebut

Trakea adalah salah satu organ pernapasan yang dimiliki oleh beberapa kelompok hewan, terutama serangga. Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh hewan. Trakea berfungsi untuk mengangkut udara yang mengandung oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida yang merupakan hasil sisa metabolisme.

Namun, bagaimana udara dapat masuk dan keluar dari trakea? Apakah ada lubang atau pintu masuk yang menghubungkan trakea dengan lingkungan luar? Jawabannya adalah ya, ada lubang-lubang pernapasan yang disebut dengan spirakel. Spirakel adalah muara pembuluh pembuluh trakea yang terletak di kedua sisi tubuh hewan.

Spirakel selalu terbuka dan memungkinkan udara masuk dan keluar secara bebas. Namun, spirakel juga dilengkapi dengan katup-katup yang dapat menutup lubang-lubang tersebut jika diperlukan, misalnya untuk menghindari kehilangan air atau masuknya kotoran. Spirakel dapat ditemukan pada setiap ruas tubuh hewan, baik di sebelah kiri maupun kanan.

Bacaan Lainnya

Muara Pembuluh Pembuluh Trakea Disebut?

Setelah mengetahui apa itu trakea dan spirakel, mari kita coba menjawab pertanyaan berikut ini:

Muara pembuluh pembuluh trakea disebut?

a. Stigma
b. Spirakel
c. Stoma
d. Spora

Jawaban yang benar adalah b. Spirakel. Spirakel adalah lubang-lubang pernapasan yang merupakan muara pembuluh pembuluh trakea. Spirakel terletak di kedua sisi tubuh hewan dan dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan.

Stigma adalah nama lain dari spirakel yang digunakan oleh beberapa sumber. Namun, stigma juga dapat merujuk pada bagian dari bunga yang berfungsi untuk menerima serbuk sari. Oleh karena itu, istilah spirakel lebih umum dan tepat digunakan untuk menyebut muara pembuluh pembuluh trakea.

Stoma adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun tumbuhan. Stoma berperan dalam proses fotosintesis dan respirasi tumbuhan. Stoma dapat membuka dan menutup diri dengan bantuan sel penjaga. Stoma tidak ada hubungannya dengan trakea atau spirakel.

Spora adalah sel-sel yang dapat tumbuh menjadi individu baru tanpa melalui proses pembuahan. Spora dihasilkan oleh beberapa kelompok tumbuhan, jamur, dan bakteri. Spora memiliki dinding sel yang tebal dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem. Spora juga tidak ada kaitannya dengan trakea atau spirakel.

Baca juga: Peternak Ayam Petelur biasanya menggunakan Kandang dengan Sistem apa?

Penutup

Demikianlah artikel yang saya buat tentang muara pembuluh pembuluh trakea. Saya berharap artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang organ pernapasan hewan. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *