Pemilihan Awalan dalam Lompat Tinggi disesuaikan dengan

Pemilihan Awalan dalam Lompat Tinggi disesuaikan dengan

Lompat tinggi adalah salah satu cabang atletik yang menantang kemampuan fisik dan teknik atlet untuk melompat setinggi mungkin dengan menggunakan gaya yang ada dalam lompat tinggi. Lompat tinggi memiliki empat jenis teknik yang hampir serupa dengan teknik dalam lompat jauh, yaitu approach atau teknik awalan, take-off atau teknik tolakan, flight atau teknik melayang di udara, serta landing atau teknik pendaratan.

Apa itu Pemilihan Awalan?

Pemilihan awalan adalah tahap awal dalam lompat tinggi yang dilakukan dengan berlari cepat atau sprint. Pada umumnya, atlet lompat tinggi akan berlari sebanyak delapan hingga 12 langkah. Pemilihan awalan sangat penting karena berpengaruh pada performa atlet ketika melakukan lompat tinggi. Jika pemilihan awalan dilakukan dengan baik, maka posisi saat akan melakukan take-off dalam lompat tinggi juga semakin baik. Atlet akan semakin mudah dalam mendapatkan sudut optimal untuk melompat. Selain itu, dengan menerapkan pemilihan awalan dengan baik, kecepatan saat lepas landas atau take off akan semakin besar pula.

Bagaimana Cara Melakukan Pemilihan Awalan?

Untuk melakukan pemilihan awalan yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh atlet lompat tinggi, yaitu:

Bacaan Lainnya
  • Menentukan jarak awalan sesuai dengan panjang lintasan ancang-ancang dan jalur lintasan perlombaan. Jarak awalan biasanya antara 12-14 langkah.
  • Menyesuaikan kecepatan awalan sesuai dengan kondisi lapangan dan cuaca. Kecepatan awalan harus cukup untuk membangkitkan daya gerak (momentum) dari gerak horizontal ke arah gerak vertikal.
  • Mengatur keseimbangan tubuh saat berlari menuju mistar. Keseimbangan tubuh harus terjaga agar tidak mudah terguling saat lepas landas.
  • Menggunakan kaki sebagai alat bantu untuk mengubah arah gerak dan meningkatkan kecepatan. Kaki dapat digunakan untuk mengarahkan tubuh ke arah mistar dan menghasilkan gaya dorong (force) yang lebih besar.

Apa Manfaat Pemilihan Awalan?

Pemilihan awalan memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan daya gerak (momentum) dari gerak horizontal ke arah gerak vertikal.
  • Meningkatkan sudut optimal untuk melompat.
  • Meningkatkan kecepatan saat lepas landas atau take off.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh saat berlari menuju mistar.
  • Meningkatkan penggunaan kaki sebagai alat bantu untuk mengubah arah gerak dan meningkatkan kecepatan.

Jawaban Soal

Pemilihan awalan dalam lompat tinggi disesuaikan dengan:

A. Gaya lompat
B. Karakteristik atlet
C. Kondisi lapangan
D. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah D. Semua jawaban benar. Pemilihan awalan dalam lompat tinggi harus mempertimbangkan semua faktor yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu gaya lompat, karakteristik atlet, kondisi lapangan, dan faktor lainnya. Setiap faktor memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap kinerja lompatan, sehingga atlet harus menyesuaikan awalan dengan faktor-faktor tersebut. Dengan begitu, atlet bisa mencapai hasil yang maksimal dalam lompat tinggi.

Baca juga: Pengertian dan Macam-macam Gaya Lompat Tinggi

Penutup

Demikianlah artikel tentang pemilihan awalan dalam lompat tinggi yang saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar atau mengajar tentang lompat tinggi. Lompat tinggi adalah salah satu olahraga yang menarik dan menyenangkan, tetapi juga membutuhkan latihan yang serius dan disiplin. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berlatih, dan mengikuti arahan dari pelatih atau guru olahraga Anda. Selamat berlatih dan semoga sukses! 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *