Pengarang Drama Absurd yang terkenal di Indonesia adalah

Pengarang Drama Absurd yang terkenal di Indonesia adalah

Drama absurd adalah salah satu jenis kesusastraan yang menampilkan kehidupan manusia yang tidak berarti dan masuk akal. Di Indonesia, pengarang drama absurd yang terkenal adalah Iwan Simatupang. Iwan Simatupang dikenal sebagai sastrawan pada tahun 1960-an yang menuliskan karya-karya yang bersifat inkonvensional dan dianggap sebagai pembawa angin baru dalam kesusastraan di Indonesia.

Latar Belakang

Iwan Simatupang lahir di Sibolga, Sumatera Utara pada 18 Januari 1928. Ia belajar di HBS di Medan, lalu melanjutkan ke sekolah kedokteran (NIAS) di Surabaya tapi tidak selesai. Kemudian belajar antropologi di Universitas Leiden (1954-56), drama di Amsterdam, dan filsafat di Universitas Sorbonne, Paris, Perancis pada Prof. Jean Wahl pada 1958. Iwan Simatupang pernah menjadi Komandan Pasukan TRIP dan ditangkap pada penyerangan kedua polisi Belanda di Sumatera Utara (1949) setelah bebas, ia melanjutkan sekolahnya sehingga lulus SMA di Medan. Ia pernah menjadi guru SMA di Surabaya, redaktur Siasat, dan terakhir redaktur Warta Harian (1966-1970). Tulisan-tulisannya dimuat di majalah Siasat dan Mimbar Indonesia mulai tahun 1952.

Karya

Iwan Simatupang menampilkan gaya baru dalam esainya, maupun dalam drama, cerita pendek dan terutama dalam romannya; dengan meninggalkan cara-cara konvensional dan alam pikiran lama. Jalan cerita dan penampilan watak dalam semua karangannya tidak lagi terikat oleh logika untuk sampai kepada nilai-nilai baru yang lebih mendasar. Karya novel yang terkenal Merahnya Merah (1968) mendapat hadiah sastra Nasional 1970, dan Ziarah (1970) mendapat hadiah roman ASEAN terbaik 1977. “Ziarah” merupakan novelnya yang pertama, ditulis dalam sebulan pada tahun 1960; diterbitkan di Indonesia pada 1969. Karya tersebut kemudian diterjemahkan oleh Harry Aveling dengan judul The Polgrim pada tahun 1975.

Bacaan Lainnya

Soal jawaban

Pengarang drama absurd yang terkenal di Indonesia adalah?

A. Idrus
B. Sanoesi Pane
C. Muhammad Yamin
D. Iwan Simatupang

Jawaban yang benar adalah D. Iwan Simatupang.

Penjelasan:

Iwan Simatupang adalah seorang novelis, penyair, dan esais Indonesia yang lahir pada tahun 1928 di Sibolga, Sumatera Utara. Ia dikenal sebagai sastrawan pada tahun 1960-an yang menuliskan karya-karya yang bersifat inkonvensional dan dianggap sebagai pembawa angin baru dalam kesusastraan di Indonesia. Ia pernah belajar antropologi di Universitas Leiden (1954-56), drama di Amsterdam, dan filsafat di Universitas Sorbonne, Paris, Perancis pada Prof. Jean Wahl pada 1958. Ia juga pernah menjadi Komandan Pasukan TRIP dan ditangkap pada penyerangan kedua polisi Belanda di Sumatera Utara (1949) setelah bebas

Baca juga: EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional, Tempat Les Terbaik di Indonesia

Penutup

Drama absurd adalah genre teater yang unik dan menarik. Meskipun mungkin tampak aneh atau tidak masuk akal, drama absurd sebenarnya memiliki pesan-pesan yang mendalam dan penting. Pengarang drama absurd seperti Iwan Simatupang dan Asrul Sani telah memberikan kontribusi yang besar bagi teater Indonesia. Mereka telah menciptakan karya-karya yang tidak hanya menghibur, tetapi juga membuat penonton berpikir dan merenung tentang kehidupan dan masyarakat. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang pengarang drama absurd yang terkenal di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *