Pernyataan yang tepat tentang cara memperoleh Logam Alkali adalah

cara memperoleh Logam Alkali adalah

Logam alkali adalah unsur logam golongan 1 atau IA dari tabel periodik. Golongan ini terdiri dari unsur litium (Li), natrium (Na), kalium (K), rubidium (Rb), sesium (Cs), dan unsur radioaktif fransium (Fr). Logam alkali memiliki sifat-sifat khas, seperti bersifat lunak, berwarna perak, memiliki titik leleh dan titik didih rendah, serta sangat reaktif terhadap air dan udara. Logam alkali juga memiliki potensial reduksi yang sangat kecil, sehingga lebih mudah mengalami oksidasi daripada reduksi.

Logam alkali tidak ditemukan dalam bentuk bebas di alam, melainkan dalam bentuk senyawa, seperti garam klorida, garam karbonat, garam sulfat, dan lain-lain. Untuk memperoleh logam alkali dalam bentuk bebas, diperlukan proses elektrolisis, yaitu proses pemisahan senyawa menjadi unsur-unsurnya dengan menggunakan arus listrik. Elektrolisis dapat dilakukan pada larutan atau lelehan senyawa logam alkali.

Cara memperoleh logam alkali berbeda-beda tergantung pada jenis logam alkali yang diinginkan. Logam alkali yang ringan, yaitu litium, natrium, dan kalium, dapat diperoleh dengan cara elektrolisis leburan garam kloridanya. Logam alkali yang berat, yaitu rubidium, sesium, dan fransium, lebih sering diisolasi dengan cara reduksi klorida logam alkali dengan reduktor, seperti natrium, magnesium, atau kalsium. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail tentang cara memperoleh logam alkali.

Bacaan Lainnya

Jawaban Soal

Pernyataan yang tepat tentang cara memperoleh logam alkali adalah:

A. Reduksi garam logam alkali dengan reduktor
B. Elektrolisis larutan garam logam alkali
C. Elektrolisis leburan garam logam alkali
D. Oksidasi garam logam alkali dengan oksidator

Jawaban yang benar adalah C. Elektrolisis leburan garam logam alkali.

Alasan:

  • Reduksi garam logam alkali dengan reduktor (pilihan A) hanya berlaku untuk logam alkali yang berat, yaitu rubidium, sesium, dan fransium. Logam alkali yang ringan, yaitu litium, natrium, dan kalium, tidak dapat diperoleh dengan cara ini karena reduktor yang digunakan akan bereaksi dengan logam alkali yang ringan dan membentuk senyawa baru.
  • Elektrolisis larutan garam logam alkali (pilihan B) tidak dapat menghasilkan logam alkali dalam bentuk bebas, karena pada larutan garam logam alkali terdapat ion-ion lain selain ion logam alkali, seperti ion hidrogen (H+), ion hidroksida (OH-), dan ion halida (Cl-, Br-, I-). Ion-ion ini akan bersaing dengan ion logam alkali untuk mengalami reduksi atau oksidasi di elektroda. Biasanya, ion hidrogen akan lebih mudah mengalami reduksi daripada ion logam alkali, sehingga yang terbentuk di katoda bukanlah logam alkali, melainkan gas hidrogen.
  • Elektrolisis leburan garam logam alkali (pilihan C) dapat menghasilkan logam alkali dalam bentuk bebas, karena pada leburan garam logam alkali hanya terdapat ion logam alkali dan ion halida. Ion logam alkali akan mengalami reduksi di katoda dan membentuk logam alkali, sedangkan ion halida akan mengalami oksidasi di anoda dan membentuk gas halogen. Contoh elektrolisis leburan garam logam alkali adalah sebagai berikut:

Elektrolisis lelehan LiCl:

Katoda: Li++e−→Li

Anoda: Cl−→Cl+e−

Reaksi keseluruhan: LiCl→Li+Cl2​

Elektrolisis lelehan KOH:

Katoda: K++e−→K

Anoda: OH−→O+H2​+e−

Reaksi keseluruhan: KOH→K+O2​+H2​

  • Oksidasi garam logam alkali dengan oksidator (pilihan D) tidak dapat menghasilkan logam alkali dalam bentuk bebas, karena oksidasi berarti penambahan oksigen atau pengurangan elektron. Logam alkali sudah memiliki bilangan oksidasi terendah, yaitu +1, sehingga tidak dapat mengalami oksidasi lagi. Justru, logam alkali akan mengalami reduksi jika bereaksi dengan oksidator, dan membentuk senyawa baru.

Baca juga: Suatu Gelombang Stasioner mempunyai Persamaan y 0 2 cos

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara memperoleh logam alkali. Logam alkali adalah unsur logam yang sangat reaktif dan tidak ditemukan dalam bentuk bebas di alam. Logam alkali dapat diperoleh dengan cara elektrolisis leburan garam logam alkali, atau dengan cara reduksi klorida logam alkali dengan reduktor untuk logam alkali yang berat. Logam alkali memiliki banyak kegunaan dalam bidang industri, teknologi, kesehatan, dan lain-lain. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang logam alkali dan cara memperolehnya. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *