Pernyataan yang Tepat Tentang Pembudidayaan Ikan

Pernyataan yang Tepat Tentang Pembudidayaan Ikan

Pembudidayaan ikan adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memelihara, membesarkan, dan/atau membiakkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol. Pembudidayaan ikan memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi ketergantungan pada impor ikan, menjaga kelestarian sumber daya perikanan, dan mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Namun, pembudidayaan ikan juga memiliki tantangan dan masalah yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha. Beberapa pernyataan yang tepat tentang pembudidayaan ikan adalah sebagai berikut:

  • Pembudidayaan ikan harus dilakukan dengan mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku, baik dari pemerintah maupun dari lembaga terkait. Peraturan ini bertujuan untuk melindungi kepentingan publik, menjaga kualitas dan keselamatan produk perikanan, serta mencegah praktik-praktik ilegal dan tidak etis.
  • Pembudidayaan ikan harus dilakukan dengan memperhatikan aspek lingkungan hidup. Hal ini meliputi penggunaan teknologi ramah lingkungan, pengelolaan limbah dan sampah, penghematan energi dan air, serta perlindungan terhadap ekosistem laut. Pembudidayaan ikan harus sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan.
  • Pembudidayaan ikan harus dilakukan dengan mengembangkan potensi lokal. Hal ini berarti memilih jenis-jenis ikan yang sesuai dengan kondisi geografis, iklim, budaya, dan pasar setempat. Pembudidayaan ikan juga harus memberdayakan masyarakat lokal sebagai mitra usaha dalam proses produksi.

Jawaban Soal

Dari pilihan ganda di bawah ini, pilihan jawaban yang benar adalah:

Bacaan Lainnya

A) Pembudidayaan ikan adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan, dan/atau membiakkan ikan serta memasukkan hasilnya ke dalam wadah budidaya.
B) Pembudidayaan ikan adalah kegiatan untuk menangkap atau mengejar ikan secara alami atau buatan. 
C) Pembudidayaan ikan adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan, dan/atau membiakkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol.

Penjelasan:

Pilihan jawaban C adalah yang paling tepat karena sesuai dengan definisi pembudidayaan ikan yang diberikan di awal artikel. Pilihan jawaban A salah karena tidak menyebutkan aspek memanen hasilnya. Pilihan jawaban B salah karena menyangkut kegiatan perikanan tangkap, bukan perikanan budidaya. Pilihan jawaban D salah karena tidak spesifik tentang jenis kegiatan yang dilakukan.

Baca juga: Ikan yang menghabiskan seluruh hidupnya di Air Tawar

Penutup

Demikianlah artikel tentang pernyataan yang tepat tentang pembudidayaan ikan. Semoga Anda dapat memahami materi ini dengan baik dan dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran maupun praktek. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berinovasi dalam bidang perikanan budidaya. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *