Prinsip utama ketika mengambil awalan dalam Lompat Jauh adalah

Prinsip utama ketika mengambil awalan dalam lompat jauh adalah

Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang menantang dan menyenangkan. Lompat jauh membutuhkan kekuatan, kecepatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh yang baik. Salah satu tahap penting dalam lompat jauh adalah awalan atau gerakan awal lari.

Awalan adalah tahap di mana pelompat berlari dengan kecepatan sedang untuk mengumpulkan energi dan momentum sebelum melompat ke depan. Awalan juga membantu pelompat untuk menyesuaikan posisi tubuh dengan papan tolakan atau garis batas yang harus ditempuh.

Lalu, apa saja prinsip utama ketika mengambil awalan dalam lompat jauh? Berikut ini adalah beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh para pelompat:

Bacaan Lainnya
  • Awali dengan langkah kaki belakang. Langkah kaki belakang akan memberikan dorongan terbesar untuk melompat jauh. Pelompat harus berdiri tegak dan menarik lutut kaki belakang ke depan dengan kuat.
  • Lanjutkan dengan langkah kaki tengah. Langkah kaki tengah akan memberikan dorongan tambahan untuk melompat jauh. Pelompat harus berdiri tegak dan menarik lutut kaki tengah ke depan dengan kuat.
  • Terakhir, ambil langkah kaki depan. Langkah kaki depan akan memberikan dorongan akhir untuk melompat jauh. Pelompat harus berdiri tegak dan menarik lutut kaki depan ke depan dengan cepat.
  • Hentikan dengan cepat. Setelah melompat, pelompat harus menghentikan langkah kaki depan segera agar tidak terjadi gesekan atau terjatuh saat melayang di udara.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip di atas, pelompat dapat melakukan awalan yang efektif dan efisien dalam lompat jauh.

Jawaban Soal

Berikut ini adalah jawaban soal dari pertanyaan Anda:

Prinsip utama ketika mengambil awalan dalam lompat jauh adalah?

A) Awali dengan langkah kaki belakang
B) Awali dengan langkah kaki tengah
C) Awali dengan langkah kaki depan
D) Hentikan dengan cepat

Jawaban: C) Awali dengan langkah kaki depan

Penjelasan: Prinsip utama ketika mengambil awalan dalam lompat jauh adalah melakukan gerakan berlari dengan kecepatan sedang dan menambah kecepatan ke arah maksimal ketika mendekati papan tolakan. Langkah kaki belakang, tengah, dan depan akan memberikan dorongan yang diperlukan untuk melompat jauh. Hentikan dengan cepat juga penting untuk mencegah gesekan atau terjatuh saat melayang di udara.

Baca juga: Lompat Jauh dengan Gaya Menggantung

Penutup

Demikianlah artikel tentang prinsip utama ketika mengambil awalan dalam lompat jauh yang saya buat untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pemahaman Anda tentang olahraga lompat jauh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *