Proses Penciptaan Objek Baru Disebut

Proses Penciptaan Objek Baru Disebut

Desain adalah salah satu bentuk ekspresi kreatif manusia yang bertujuan untuk menciptakan objek baru yang memiliki fungsi, estetika, dan nilai-nilai tertentu. Desain tidak hanya terbatas pada bidang seni rupa, tetapi juga meliputi bidang teknologi, rekayasa, arsitektur, dan lain-lain. Desain dapat diterapkan pada berbagai macam objek, seperti produk, jasa, sistem, ruang, atau proses.

Proses penciptaan objek baru disebut desain adalah suatu aktivitas yang melibatkan beberapa tahapan atau langkah-langkah. Tahapan-tahapan tersebut antara lain:

  • Studi pendahuluan: Tahap ini meliputi pengumpulan informasi tentang kebutuhan, tujuan, sasaran, pasar, dan lingkungan dari objek yang akan dirancang. Tahap ini juga mencakup analisis tren produk sejenis, aspek bahan baku, teknik dan proses kreasi, susunan rupa, gaya, fungsi, harga, dan jenis desain yang akan digunakan.
  • Alternatif desain: Tahap ini meliputi pembuatan berbagai konsep atau ide desain yang berbeda-beda dengan menggunakan alat bantu seperti sketsa, model 3D, atau software desain. Tahap ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan solusi desain yang sesuai dengan kriteria dan preferensi.
  • Uji coba: Tahap ini meliputi pengujian dan evaluasi dari alternatif desain awal dengan menggunakan metode seperti observasi langsung (field testing), survei (questionnaire), wawancara (interview), atau uji coba fungsional (functional testing). Tahap ini bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna atau konsumen potensial tentang kelebihan dan kekurangan dari setiap alternatif desain.
  • Standar prosedur produksi: Tahap ini meliputi penyusunan dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan proses produksi dari objek desain tersebut. Dokumen-dokumen tersebut antara lain rencana kerja (work plan), anggaran biaya (budget), jadwal pelaksanaan (schedule), spesifikasi teknis (technical specifications), standar kualitas (quality standards), dan sertifikat halal (halal certificate).

Jawaban Soal

Berikut adalah beberapa contoh soal pilihan ganda tentang proses penciptaan objek baru disebut desain beserta jawaban dan penjelasannya.

Bacaan Lainnya

Proses penciptaan objek baru disebut …

A. Elaborasi
B. Artistik
C. Interesti
D. Fleksibilitas
E. Desain

Jawaban: E

Penjelasan: “Desain sebagai kata kerja berarti proses penciptaan objek baru.” Sedangkan “artistik” berarti berkaitan dengan seni; “interesti” berarti menarik; “fleksibilitas” berarti kemampuan untuk menyesuaikan diri; “elaborasi” berarti penambahan detail.

Baca juga: Elemen dalam Seni Lukis yang paling kecil adalah

Penutup

Demikianlah artikel yang saya buat tentang proses penciptaan objek baru disebut desain. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar lebih banyak tentang desain. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *