Salah satu sisi negatif dari Sistem Multipartai adalah?

Salah satu sisi negatif dari Sistem Multipartai adalah

Sistem multipartai adalah sistem kepartaian di suatu negara yang melibatkan banyak partai, yang artinya terdapat banyak partai yang bersaing untuk memperoleh kekuasaan pemerintahan. Sistem multipartai lahir dari aspek masyarakat yang memiliki keberagaman budaya, politik, suku, ras, agama dan status, untuk mencari saluran loyalitas pada sebuah organisasi. Sistem multipartai juga dimanfaatkan oleh masyarakat majemuk untuk mencari saluran loyalitas pada organisasi yang sesuai dengan ikatan primordialnya.

Sistem multipartai dapat diterapkan di negara yang telah merdeka dan menjalankan sistem demokrasi, salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri, pada awalnya sistem multipartai bertujuan untuk melakukan penegakan sistem pemerintahan berdasarkan demokrasi. Namun, sistem multipartai juga memiliki sisi negatif yang perlu diketahui dan dihindari oleh masyarakat.

Persaingan Politik yang Tidak Sehat

Salah satu sisi negatif dari sistem multipartai adalah persaingan politik yang tidak sehat antara partai-partai politik. Persaingan politik yang tidak sehat dapat memunculkan konflik politik dan sosial yang dapat memecah belah masyarakat. Misalnya, terjadi pergantian kabinet yang sering mengakibatkan ketidakstabilan politik dan ketidakpastian dalam kebijakan pemerintah. Selain itu, persaingan politik juga dapat menimbulkan praktik-praktik korupsi dan politik uang, karena partai-partai politik harus mengumpulkan dana untuk kegiatan politik dan kampanye.

Bacaan Lainnya

Banyaknya Partai Politik dalam Arti Tidak Sehat

Sisi negatif lain dari sistem multipartai adalah banyaknya partai-partai politik dalam arti tidak sehat. Banyaknya partai-partai politik dapat mengurangi kualitas demokrasi dan pemilihan umum. Misalnya, terjadi logika “lingkaran setan” karena semakin banyaknya partai politik semakin banyak pilihan. Hal ini dapat menyulitkan masyarakat untuk memilih partai politik yang sesuai dengan aspirasi mereka. Selain itu, banyaknya partai-partai politik juga dapat mengurangi fungsi nasionalisme dalam suatu negara, karena cenderung lamban dalam mengembangkan ekonomi makro maupun mikro.

Saling Menjatuhkan Antara Partai Satu dan Yang Lainnya

Sisi negatif lain dari sistem multipartai adalah saling menjatuhkan antara partai satu dan yang lainnya. Hal ini dapat menghambat kerjasama antarpartei dalam menyelesaikan masalah-masalah publik. Misalnya, terjadi perpecahan di antara partai satu dan yang lainnya karena perbedaan ideologi atau kepentingan. Hal ini dapat mengganggu proses pembangunan nasional dan kesejahteraan rakyat.

Jawaban Soal

Salah satu sisi negatif dari sistem multipartai adalah?

A) Meningkatkan kualitas demokrasi
B) Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
C) Persaingan politik yang tidak sehat
D) Semua jawaban benar

Jawaban: C) Persaingan politik yang tidak sehat

Penjelasan: Persaingan politik yang tidak sehat merupakan salah satu sisi negatif dari sistem multipartai karena dapat memunculkan konflik politik dan sosial, praktik-praktik korupsi dan politik uang, serta logika “lingkaran setan” antara partainya.

Baca juga: Mengapa Suatu Desa Dapat Diklasifikasikan Sebagai Desa Cepat Berkembang

Penutup

Demikianlah artikel tentang sisi negatif dari sistem multipartai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sebagai pembaca.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *