Tiga Ciri Khas Pergerakan Muhammadiyah adalah

Ciri Khas Pergerakan Muhammadiyah adalah

Muhammadiyah adalah salah satu gerakan Islam terbesar dan terkemuka di Indonesia. Gerakan ini didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada tahun 1912 dengan tujuan untuk menyebarkan ajaran Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Gerakan ini juga berperan aktif dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Lalu, apa saja ciri khas pergerakan Muhammadiyah yang membedakannya dari gerakan-gerakan Islam lainnya? Berikut adalah tiga ciri khas pergerakan Muhammadiyah yang dapat kita ketahui.

1. Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam

Ciri pertama dari pergerakan Muhammadiyah adalah bahwa gerakannya didasarkan pada ajaran Islam yang murni dan sempurna. Gerakan ini tidak mengikuti aliran-aliran Islam yang berbeda-beda atau menyesatkan, seperti Syiah, Khawarij, Ahmadiyyah, dll. Gerakan ini juga tidak mengadopsi ideologi-ideologi modern yang bertentangan dengan ajaran Islam, seperti liberalisme, komunisme, sosialisme, dll. Gerakan ini hanya mengutamakan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai sumber utama hukum dan ajaran.

2. Muhammadiyah sebagai Gerakan Dakwah

Ciri kedua dari pergerakan Muhammadiyah adalah bahwa gerakannya berfokus pada dakwah atau penyebaran ajaran Islam kepada masyarakat luas. Gerakan ini memiliki misi untuk menyebarkan amar ma’ruf nahi munkar (menyebarkan kebaikan dan menjauhi keburukan) kepada semua orang tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama, golongan, atau status sosial. Gerakan ini juga memiliki strategi untuk menjangkau berbagai kalangan masyarakat melalui pendidikan formal maupun informal.

Bacaan Lainnya

3. Muhammadiyah sebagai Gerakan Tajdid

Ciri ketiga dari pergerakan Muhammadiyah adalah bahwa gerakannya bertujuan untuk melakukan tajdid atau pembaruan dalam diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Gerakan ini memiliki visi untuk menciptakan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat. Gerakan ini juga memiliki komitmen untuk mengembangkan potensi diri sendiri secara optimal melalui pendidikan berkualitas tinggi. Selain itu, gerakannya juga berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan umum melalui kerjasama dengan pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya.

Penutup

Demikianlah artikel tentang ciri khas pergerakan Muhammadiyah yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran tentang sejarah, tujuan, dan nilai-nilai dari gerakan Islam terbesar di Indonesia ini. Mari kita dukung dan ikuti perkembangan gerakannya agar dapat menjadi contoh bagi umat Islam di seluruh dunia.

Baca juga: Peradaban Islam mencapai puncak kejayaannya pada masa Khalifah

Terima kasih telah membaca artikel saya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran tentang topik ini atau topik lainnya yang berkaitan dengan agama Islam, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Saya akan senang membaca dan menjawabnya secepat mungkin.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *