Tujuan Guru Mengidentifikasi Kemampuan Awal Peserta Didik adalah untuk

Tujuan Guru Mengidentifikasi Kemampuan Awal Peserta Didik adalah untuk

Seorang guru memiliki peran penting dalam menentukan kemampuan awal peserta didik. Kemampuan awal peserta didik adalah kemampuan yang telah dimiliki oleh peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran yang akan diberikan. Kemampuan awal ini menggambarkan kesiapan peserta didik dalam menerima pelajaran yang akan disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, guru perlu mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik agar dapat merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa serta memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh siswa yang memerlukan tambahan bimbingan.

Mengapa Guru Harus Mengidentifikasi Kemampuan Awal Peserta Didik?

Tujuan guru mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik adalah untuk:

  1. Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat berkenaan dengan kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran tertentu. Dengan mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, guru dapat memperoleh gambaran yang lengkap dan terperinci tentang kompetensi/kemampuan awal para peserta didik yang berfungsi sebagai prerequisite bagi bahan materi baru yang akan disampaikan.
  2. Menyeleksi tuntutan, bakat, minat, kemampuan serta kecendrungan peserta didik berkaitan dengan pemilihan program pembelajaran tertentu yang akan diikuti mereka. Dengan mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, guru dapat mengetahui kemampuan dan kecenderungan siswa sehingga dapat menentukan program pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kemampuan siswa.
  3. Menentukan desain program pembelajaran dan atau pelatihan tertentu yang perlu dikembangkan sesuai dengan kemampuan awal peserta didik. Dengan mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, guru dapat merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik.

Jawaban Soal

Tujuan guru mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik adalah untuk:

Bacaan Lainnya
  • A. Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat berkenaan dengan kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran tertentu.
  • B. Menyeleksi tuntutan, bakat, minat, kemampuan serta kecendrungan peserta didik berkaitan dengan pemilihan program pembelajaran tertentu yang akan diikuti mereka.
  • C. Menentukan desain program pembelajaran dan atau pelatihan tertentu yang perlu dikembangkan sesuai dengan kemampuan awal peserta didik.

Jawaban yang benar adalah semua jawaban di atas. Dengan mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, guru dapat memperoleh gambaran yang lengkap dan terperinci tentang kompetensi/kemampuan awal para peserta didik yang berfungsi sebagai prerequisite bagi bahan materi baru yang akan disampaikan. Selain itu, guru dapat mengetahui kemampuan dan kecenderungan siswa sehingga dapat menentukan program pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kemampuan siswa. Terakhir, guru dapat merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik.

Baca juga: Jelaskan Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Kualitas Penduduk

Penutup

Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik merupakan suatu hal yang penting bagi seorang guru. Dengan mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, guru dapat merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa serta memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh siswa yang memerlukan tambahan bimbingan. Oleh karena itu, guru perlu memperhatikan kemampuan awal peserta didik agar dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *