Usaha untuk Merebut Bola dari Penguasaan Lawan Disebut

Usaha untuk Merebut Bola dari Penguasaan Lawan Disebut

Salah satu keterampilan yang penting dalam permainan bola, baik sepak bola, basket, maupun voli, adalah usaha untuk merebut bola dari penguasaan lawan. Usaha ini disebut dengan istilah tackling. Tackling adalah suatu teknik untuk mengambil alih bola dari lawan dengan cara menempel, menghalangi, atau menyentuh bola dengan bagian tubuh yang diizinkan. Tackling dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada jenis permainan, posisi pemain, dan situasi pertandingan.

Tackling merupakan salah satu cara untuk menghentikan serangan lawan dan memulai serangan balik. Tackling juga dapat menimbulkan tekanan psikologis pada lawan, sehingga mereka menjadi kurang percaya diri dan mudah melakukan kesalahan. Oleh karena itu, tackling harus dilakukan dengan cepat, tepat, dan berani, namun tetap menjaga sportivitas dan fair play. Tackling yang dilakukan dengan kasar, berlebihan, atau tidak sesuai aturan dapat menyebabkan pelanggaran, kartu kuning, kartu merah, atau bahkan cedera.

Untuk melakukan tackling yang baik, pemain harus memperhatikan beberapa hal, antara lain: posisi tubuh, jarak dengan lawan, timing, arah gerakan, dan intensitas kontak. Posisi tubuh harus seimbang, stabil, dan siap bergerak. Jarak dengan lawan harus sesuai dengan kecepatan dan kemampuan pemain, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat. Timing harus tepat, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. Arah gerakan harus sesuai dengan arah bola, tidak berlawanan atau menyamping. Intensitas kontak harus sesuai dengan kekuatan dan ukuran lawan, tidak terlalu keras atau terlalu lembut.

Bacaan Lainnya

Usaha untuk Merebut Bola dari Penguasaan Lawan Disebut Apa?

Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang Anda dapat menjawab pertanyaan berikut: usaha untuk merebut bola dari penguasaan lawan disebut apa? Berikut adalah pilihan jawabannya:

A. Passing
B. Shooting
C. Dribbling
D. Tackling

Jawaban yang benar adalah D. Tackling. Tackling adalah usaha untuk merebut bola dari penguasaan lawan dengan cara menempel, menghalangi, atau menyentuh bola dengan bagian tubuh yang diizinkan. Passing adalah usaha untuk mengoper bola kepada teman satu tim. Shooting adalah usaha untuk menendang atau melempar bola ke gawang atau keranjang lawan. Dribbling adalah usaha untuk menggiring bola dengan kaki atau tangan sambil bergerak.

Baca juga: Sejarah Sepak bola Indonesia

Penutup

Demikianlah artikel yang saya buat tentang usaha untuk merebut bola dari penguasaan lawan disebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang keterampilan tackling dalam permainan bola. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan meningkatkan keterampilan Anda, serta menjaga sportivitas dan fair play dalam bermain. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *