Apa itu Insecure

Berbagai macam perasaan telah banyak dilalui oleh siapa saja yang hidup didunia. Perasaan sedih, bahagia, kecewa dan perasaan tidak aman akan selalu muncul dengan berbagai alasan. Nah kebetulan untuk kali ini admin mau membahas tentang apa itu insecure beserta dengan penjelasaan lainnya.

Insecurity terjadi akibat dari rasa tidak aman yang dirasakan sehingga menimbulkan rasa takut yang berlebih, tidak percaya diri dan lain sebagainya. Untuk mengenal lebih dekat yuk cari tahu apa itu insecure?

Apa Itu Insecure

Insecure berarti tidak aman. Hubungannya dengan perasaan maka bisa diartikan perasaan tidak aman yang mengakibatkan seseorang menjadi takut, tidak percaya diri dan malu untuk berinteraksi dengan sesama.

Insecure bisa saja terjadi karena ada sikap bullying dari teman atau orang lain. Body shaming tak kala juga menjadi penyebab orang insecure.

Kebiasaan menyendiri kebanyakan juga tergolong dalam insecure karena ada suatu hal yang menyebabkan orang tidak / kurang berinteraksi.

kenali juga tanda-tanda insecure untuk mengantisipasi diri sendiri atau keluarga agar lebih cermat terhindar dari insecure yang lebih parah.

Tanda-Tanda Insecure

Simak berikut ini tanda-tanda sesorang digolongkan dalam Insecure seperti berikut ini.

  1. Tidak Percaya Diri

Individu pasti pernah dalam titik dimana tidak percaya diri. Entah itu karena masa lalu atau mungkin beban hidup sekarang yang punya tuntutan semakin kompleks.

Lainnya bisa timbul karena adanya ejekan atau bulliying dari yang terjadi kepada individu.

  1. Cenderung Menjauhi Interaksi dengan Lingkungan

Menjauhi interaksi dengan orang lain terjadi ketika ada omongan yang memandang dirinya rendah atau juga bisa bicara soal pencapaian yang telah diperoleh.

  1. Tak beranjak dari Zona Nyaman

Adanya perasaan takut akan masa lalu menjadikan orang insecure lebih memilih berada di zona nyaman. Dan kadang tidak ingin memikirkan hal yang Out of the box sehingga cenderung stagnan tanpa ada inovasi baru.

Karena itulah pengembangan diri tidak berkembang sebagaimana mestinya.

  1. Suka dengan pengakuan orang lain

Kecenderungan insecure yaitu tidak percaya diri. Hal tersebut butuh pengakuan atau pujian dari orang lain guna meningkatkan rasa percaya diri.

5. Tidak suka dibandingkan dengan orang lain

Jujur mimin pun tidak suka untuk dibandingkan dengan orang lain. Biasanya lebih kepada pencapaian dan kesuksesan. Apa lagi seorang insecure, akan sangat sensitif bila dibandingan.