Pupuk Kompos

pupuk kompos adalah
bahan kompos yang berasal dari limbah sampah organik

FLP, Pupuk Kompos – Seperti yang kamu ketahui bahwa pupuk kompos merupakan salah satu pupuk organik yang dibuat dengan cara menguraikan sisa – sisa tanaman dan hewan dengan bantuan organisme hidup (sumber Wikipedia).

Banyak pengusaha ternak atau bukan mendapatkan keuntungan dalam membuat pupuk kompos ini. Selain bahan utama yang mudah didapatkan juga ternyata mampu menjadi sumber pendapatan. Yuk kita ulas lebih dalam tentang apa itu pupuk kompos.

Apa itu Pupuk Kompos

gambar pupuk kompos

Kompos dalam artian sederhana adalah pupuk alami. Pupuk alami yang dimaksud disini merupakan pupuk yang diolah dari bahan bahan organic yang memanfaatkan sisa buangan makhluk hidup, baik itu hewan maupun tumbuhan.

Bacaan Lainnya

Jadi pupuk kompos adalah pupuk yang diolah dari bahan organik dengan memanfaatkan limbah makhluk hidup entah itu tumbuhan ataupun hewan.

Contohnya saja bisa dibuat dari dedaunan atau kotoran hewan seperti sapi atau kambing. Kedua hal tersebut merupakan bahan dasar untuk pupuk kompos.

Untuk prosesnya sendiri, bahan bahan organic tersebut seperti tumbuhan atau kotoran hewan disimpan pada kondisi lingkungan yang hangat dan lembab, sehingga terjadi proses penguraian di dalamnya secara biologis oleh mikroba mikroba yang memanfaatkan bahan organic tersebut sebagai sumber energi.

Unsur pada pupuk kompos ini sangat bermanfaat terhadap kesuburan tanah maupun memperbaiki kondisi tanah yang rusak atau tidak subur.

Karena terbuat dari bahan organik sehingga pupuk ini tidak meninggalkan sampah atau racun pada lingkungan sekitar. Sehingga menggunakan pupuk kompos merupakan salah satu cara melestarikan sumber daya alam daripada penggunaan pupuk kimia.

Pupuk kompos ini juga sangat baik untuk diaplikasikan pada tanaman atau tumbuhan lainnya agar tanaman dan tumbuhan tersebut tumbuh dengan subur.

Sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak mengandung senyawa kimia apapun sehingga tidak akan merusak tumbuhan ataupun merusak struktur tanah.

Saat ini pupuk kompos lebih banyak dilirik bagi petani sebagai cara yang alami untuk menyuburkan tanaman.

Jika dibandingkan dengan pupuk buatan yang diproses oleh pabrik pabrik atau disebut juga pupuk anorganik dengan kandungannya yang terdiri dari bahan bahan kimia.

Pada awalnya para petani menggunakan pupuk anorganik karena dirasa mampu meningkatkan hasil panennya, akan tetapi seiring berjalannya waktu para petani sadar bahwa pupuk anorganik membawa pengaruh dan dampak yang buruk bagi tanaman, tanah serta hasil panennya.

Banyak kondisi yang diakibatkan dari penggunaan pupuk anorganik, seperti contohnya kerusakan pada tanah atau tanah tidak lagi subuh.

Efek lainnya adalah bagi kesehatan, karena pupuk anorganik mengandung senyawa kimia sehingga melalui sebuah penelitian bahwa bahan kimia tersebut setidaknya terkandung pada tanaman atau hasil panen tersebut.

Oleh sebab itulah saat ini produsen pupuk kompos pun terus berkembang untuk menciptakan pupuk kompos yang baik bagi kesuburan tanaman dan struktur tanahnya.

Fungsi Pupuk Kompos

Di era ini, dengan kondisi produksi dan konsumsi pangan yang boros, pengomposan menjadi solusi yang baik untuk mengatasi limbah makanan. Ada banyak pihak yang diuntungkan dengan adanya pupuk kompos adalah petani dan yang mempunyai bahan untuk kompos. Berikut ini beberapa fungsi pupuk kompos yang bisa kita manfaatkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.