Apa Itu Percetakan? Begini Pilih Percetakan di Jakarta

  • Whatsapp
apa itu percetakan

Forumlingkarpena – Jika kamu ingin tahu apa itu percetakan dan apa saja yang bisa dibuat dengan percetakan maka tepat membaca penjelasan ini lebih lanjut. Memang Zaman yang terus mengalami perubahan sangat cepat ini ada saja bisnis baru yang muncul untuk mempermudah kerja manusia. Dan salah satunya jenis bisnis percetakan ini.

Dengan proses yang cepat dan hasil yang bagus, tentunya membuat percetakan akan sangat prospek dalam bisnis kedepannya. Ini juga yang membuat dunia manual semakin tak dilirik oleh banyak kalangan. Untuk tahu apa itu percetakan dan jenisnya serta beberapa keunggulanya begini penjelasanya.

Apa itu Percetakan? Kamu Perlu Tahu Ini

jenis percetakan
Gambar via Pixabay

Kebutuhan akan percetakan semakin meningkat seiring dengan kebutuhan manusia. Jika pada jaman dahulu percetakan identik dengan percetakan buku, koran dan majalah. Kini percetakan lebih luas lagi yaitu bisa untuk brosur, amplop, kartu nama, souvenir, banner, spanduk, undangan pernikahan, stiker hingga tas.

Pernah lihat mug yang ada gambar atau foto tertentu? itu salah satu jenis percetakan yang kini juga menjadi souvenir atau untuk pribadi. Sablon kaos dan digital printing lainnya turut ikut menjadi jasa percetakan yang perlu kamu ketahui.

Menurut hemat kami, arti percetakan adalah Suatu proses industri untuk memproduksi dalam jumlah banyak berupa gambar dan tulisan memanfaatkan media kertas, kain maupun media lainnya melalui sebuah mesin cetak khusus. Dan biasanya dijalankan oleh sejumlah orang yang telah ahli dibidang percetakan.

Tinta digunakan oleh banyak percetakan sebagai bahan utama untuk membuat cetakan. Proses kerjanya pun tergolong cepat sehingga sepersekian waktu sudah bisa mencetak puluhan hingga ratusan. Cepat atau tidaknya percetakan juga dipengaruhi oleh jenis mesin cetak.

Dunia bisnis percetakan tidak akan pernah lekang oleh waktu karena memang kebutuhannya semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya yang bisa di cetak.

Jenis Percetakan

Setidaknya ada lima jenis percetakan yang sudah ada saat ini. Sebagai pengetahui buat kamu, kami jabarkan lebih lengkap berikut ini.

  1. Offset Printing

Salah satu jenis percetakan yang cukup familiar. Offset printing adalah percetakan yang menggunakan tinta basah sebagai bahan dasar untuk menyalin gambar atau tulisan pada media dengan mesin cetak. Disini media yang digunakan yaitu kertas.

Biasa digunakan untuk produksi skala besar meliputi buku, amplop, brosur, majalah, karton paper bag dan bahan kertas lainnya. Pada prosesnya membutuhkan waktu untuk pengeringan karena memang menggunakan tinta basah sehingga butuh waktu untuk siap pakai.

  1. Digital Printing

Percetakan jenis ini paling banyak terdapat di daerah-daerah. Tingkat kebutuhannya pun lumayan banyak sehingga jasa percetakan digital printing tetap eksis. Digital printing adalah percetakan gambar dan tulis yang berformat warna untuk langsung diterapkan pada media tanpa adanya pelat terlebih dulu.

Yang masuk dalam percetakan jenis ini adalah poster, stiker, umbul-umbul, baliho, brosur, kartu nama hingga mug. Jika kamu berada di Ibukota, percetakanku.co.id percetakan brosur murah Jakarta sangat cocok untuk pilihan jasa seperti ini.

  1. Sablon

Selanjutnya ada teknik cetak Sablon. Jika mendengar kata sablon kemungkinan besar langsung tertuju pada baju atau kaos. Memang untuk teknik sablon kebanyakan menggunakan media kain. Sablon adalah sebuah teknik cetak menggunakan layar yang telah terlebih dulu diberi tinta untuk selanjutnya disapu sehingga menghasilkan gambar atau tulisan.

Jika menggunakan banyak warna pada satu pola maka membutuhkan alat presisi yang dikerjakan oleh manusia atau mesin. Jenis sablon bisa digunakan pada kaos ataupun plastis.

  1. Flexo

Berbeda dari ketiga yang awal, flexo printing berbentuk lembaran atau roll. pengertian Flexo printing adalah percetakan yang menggunakan lembaran dalam proses cetak. Pada kasus ini koran adalah salah satu yang menggunakan Flexo. Selain itu ada stiker dan kardus yang memang mencetak dalam jumlah besar.

Keunggulan dari Flexo terletak pada bahan dasar tinta yang lebih hemat sehingga bahan utama tidak boros seperti offset printing. dan juga tidak butuh proses pengeringan terlebih dulu karena jenis tinta yang digunakan tidak terlampau basah.

  1. Rotogravure

Jenis percetakan yang terakhir ada rotogravure. Ini terdengar sangat asing bagi banyak orang. Tidak seperti 4 sebelumnya. Rotogravure adalah teknik percetakan dengan menggunakan media yang flexsibel dengan dicetak dalam bentuk gulungan. Pengguna percetakan ini kebanyakan untuk mencetak produk kemasan dan sudah mempunyai produk industri berskala besar.

Nah itulah jenis-jenis percetakan yang perlu kamu ketahui. Selama ini dari lima jenis percetakan digital printing adalah yang paling familiar bukan? Yuk tuliskan pendapat kamu tentang bisnis percetakan ini.

Percetakan di Jakarta

Dalam dunia bisnis, percetakan mempunyai andil besar diberbagai bidang. Hampir semua usaha menggunakan percetakan untuk promosi, produksi barang dan lainnya. Tidak sampai disitu saja, percetakan juga digunakan untuk bidang lain seperti pendidikan, sosial budaya dan kesehatan.

Jika kamu tinggal di Jakarta dan mempunyai perusahaan, percetakanku adalah pilihan yang tepat untuk menjadi partner dalam bisnis. Mulai cetak amplop jakarta yang bisa mengenalkan perusahaan pada kolega lewat amplop khas perusahaan. Dan bisa juga untuk menjadi mitra untuk memenuhi kebutuhan percetakan lainnya.

Termurah dan terdekat yang terletak di cawang Jakarta Timur, kamu bisa menghubungi kontak yang tersedia pada website percetakanku.co.id.

Dunia percetakan tidak mengandalkan asal beres tetapi butuh kreatifitas dan ketelitian sehingga disukai banyak pelanggan. Selain itu adanyamesin cetak modern juga menjadi sebab bagaimana kualitas percetakan semakin bagus.

Cukup sudah sampai disini bagaimana kami mengenalkan apa itu percetakan sampai rekomendasi percetakan termurah di jakarta khususnya.

Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *