Apa Saja Bahan-bahan yang Bisa Digunakan untuk membuat Disinfektan Sendiri

  • Whatsapp
disinfektan adalah

Pandemi Covid-19 masih terus dirasakan oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Segala upaya untuk mencegah hingga menghindari virus ini juga sudah dilakukan. Dan salah satunya yaitu dengan menyemprotkan disinfektan pada benda-benda disekitar.

Pada awal merebaknya virus corona, disinfektan digunakan untuk menyemprot bagian tubuh yang mana ini cukup salah kaprah dilakukan. Seharusnya disinfektan tidak untuk benda hidup, jikalau ada maka namanya antiseptik yang sama-sama digunakan untuk membunuh kuman, jamur, bakteri.

Untuk lebih mengenal apa itu disinfektan, mari kita simak lebih lanjutnya pengertiannya.

Apa itu Disinfektan

Disinfektan digunakan hanya untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati. Seperti ini mungkin yang menjadi pengertian disinfektan adalah anti senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme. Arti lain dari disinfektan yaitu cairan pembunuh virus, kuman, bakteri dengan menggunakan hidrogen peroksida, creosote dna alkohol.

istilah disinfektan banyak muncul seiring dengan suasana pandemi COVID-19 yang selama ini diderita. Tetapi penggunaan yang salah menjadi salah satu hal yang banyak disorot oleh kalangan kesehatan. Sehingga semakin lama disinfektan tidak sebegitu trending kala pertama kasus corona muncul di Indonesia.

Cara Membuat Disinfektan Sendiri

Disinfektan tidak begitu sulit ditemukan pada keseharian kita. Cara membuatnya pun sangat sederhana sehingga siapa pun bisa membuat sendiri di rumah masih-masing.

Anda hanya butuh, cairan pembersih lantai, karbol, atau alkohol yang mempunyai senyawa untuk membunuh mikroorganisme. Tetapi perlu diingat, jika anda mencampurkan dengan senyawa kimia lain bisa berdampak fatal. Untuk itu mari membuat disinfektan sendiri yang aman.

Sebelumnya anda harus mempersiapkan alat-alat untuk menyokong pembuatan disinfektan ini, berikut ini yang harus disiapkan.

  1. Botol semprot
  2. Sediakan salah satu dari ini : cairan pemutih, karbol, cairan pembersih lantai atau alkohol
  3. Air bersih
  4. Wadah untuk mencampur
  5. masker dan sarung tangan

Cara mudah untuk membuat disinfektan adalah tuangkan 1 liter air bersih kedalam wadah kemudian larutkan 2 sendok makan senyawa kimia. Aduk hingga merata dan tuangkan pada botol semprot untuk penggunaannya. Jangan lupa gunakan masker dan sarung tangan saat mengerjakan demi keamanan.

Nah sangat mudah bukan untuk membuat disinfektan. Kini anda tidak perlu kwatir kehabisan disinfektan karena sudah bisa membuat sendiri.

Jasa Penyemprotan Disinfektan Rumah

Bila anda tidak begitu ingin ribet membuat sendiri dan takut menggunakan disinfektan sendiri maka ada jasa penyemprotan disinfektan.

Salah satu dari jasa semprot disinfektan adalah PT Fumida Pestindo Jaya yang sudah berpengalaman dalam urusan pembasmi hama, kuman, bakteri dan virus.

Lewat salah satu layanannya yaitu jasa semprot disinfektan, Fumida menjamin cairan yang dipakai sudah chemical disinfektan yang terdaftar dalam Kementan. Selain itu harga yang ditawarkan cukup murah dengan pekerja yang lengkap APD serta cek rapit test berkala.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *