Lompat Jauh dengan Gaya Menggantung

Lompat Jauh dengan Gaya Menggantung

Lompat jauh merupakan salah satu cabang dari olahraga atletik yang mengandalkan kekuatan kaki dan kelincahan tubuh. Medan yang digunakan untuk lompat jauh sama seperti track lari. perbedaannya adalah ada sebuah papan lompatan dan area pasir yang dipakai sebagai tempat pijakan setelah melompat sekaligus juga sebagai penanda tempat jatuhnya pelari.

1. Teknik Lompat Jauh Gaya Menggantung (Hang style atau Schnepper)

Teknik Awalan Gaya Menggantung

  • Mengambil jarak ancang-ancang yang tidak terlalu jauh
  • Berlari dengan tenaga penuh dan secepat-cepatnya
  • Ketika mendekati garis start, kecepatan dan langkah kaki tidak berubah hingga mulai melakukan lompatan

Teknik Tolakan Gaya Menggantung

  • Gunakan salah satu kaki ketika berada di papan sebagai tumpuan utama, gerak tolakan badan harus lebih besar dari sebelumnya
  • Tahapan tumpuan kaki saat berada dipapan tumpuan yang benar adalah berawal dari tumit, kemudian telapak kaki, selanjutnya diteruskan pada ujung telapak kaki
  • Gerakan kaki bagian belakang diayun menuju ke depan atas, kemudian bersamaan dengan gerakan kedua tangan

Teknik Posisi Saat di Udara Gaya Menggantung

  • Posisi kedua tangan berada di samping teling dalam keadaan lurus ke atas
  • Posisi kedua kaki dirapatkan kemudian diayunkan dari belakang ke depan.
  • Posisi awal tolakan dada agak sedikit dibusungkan kemudian digerakan ke belakang
  • Posisi Badan dan lutul saat di udara diayunkan ke arah depan dengan tenaga yang meksimal

Teknik Mendarat Gaya Menggantung

  • Posisi lutut kaki diluruskan ke depan dan bagian lengan agak sedikit ditekuk
  • Ketika kedua kaki ingin menyentuh tempat pendaratan, posisi kaki harus berada di depan
  • Kedua tumit menjadi tumpuan awal saat pendaratan
  • Jika kedua kaki sudah melakukan pendaratan, posisi badan dilemaskan (mengeper) dan sedikit membungkuk

BACA JUGA: Sejarah Senam lantai Lengkap

2. Teknik Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the air)

Teknik Awalan Walking in the Air

  • Mengambil jarak ancang-ancang yang tidak terlalu jauh
  • Berlari dengan tenaga penuh dan secepat-cepatnya
  • Ketika mendekati garis start, kecepatan dan langkah kaki tidak berubah hingga mulai melakukan lompatan

Teknik Tolakan Walking in the Air

  • Gunakan salah satu kaki ketika berada di papan sebagai tumpuan utama, gerak tolakan badan harus lebih besar dari sebelumnya
  • Tahapan tumpuan kaki saat berada dipapan tumpuan yang benar adalah berawal dari tumit, kemudian telapak kaki, selanjutnya diteruskan pada ujung telapak kaki
  • Gerakan kaki bagian belakang diayun menuju ke depan atas, kemudian bersamaan dengan gerakan kedua tangan

Teknik Posisi Saat di Udara Walking in the Air

  • Posisi awal tolakan dada sedikit dibusungkan
  • Posisi kedua tangan diayun kebelakang seperti orang sedang berlari
  • Posisi kedua kaki diayun ke depan seperti orang sedang berjalan

Teknik Mendarat Gaya Walking in the Air

  • Posisi lutut kaki diluruskan ke depan dan bagian lengan agak sedikit ditekuk
  • Posisi Badan dan lutul ketika ingin mendarat dalam keadaan relax
  • Ketika kedua kaki ingin menyentuh tempat pendaratan, posisi kaki harus berada di depan
  • Kedua tumit menjadi tumpuan awal saat pendaratan
  • Jika kedua kaki sudah melakukan pendaratan, posisi badan dilemaskan (mengeper) dan sedikit membungkuk

BACA JUGA: 3 Teknik Dasar Gaya Lompat Jauh

Bacaan Lainnya

3. Lompat Jauh Gaya Jongkok

Teknik Awalan Gaya Jongkok

  • Mengambil jarak ancang-ancang yang tidak terlalu jauh
  • Berlari dengan tenaga penuh dan secepat-cepatnya
  • Ketika mendekati garis start, kecepatan dan langkah kaki tidak berubah hingga mulai melakukan lompatan

Teknik Tolakan Gaya Jongkok

  • Gunakan salah satu kaki ketika berada di papan sebagai tumpuan utama, gerak tolakan badan harus lebih besar dari sebelumnya
  • Tahapan tumpuan kaki saat berada dipapan tumpuan yang benar adalah berawal dari tumit, kemudian telapak kaki, selanjutnya diteruskan pada ujung telapak kaki
  • Gerakan kaki bagian belakang diayun menuju ke depan atas, kemudian bersamaan dengan gerakan kedua tangan

Teknik Posisi Saat di Udara Gaya Jongkok

  • Posisi awal tolakan dada sedikit dibusungkan
  • Posisi kedua tangan diayun dari belakang ke depan
  • Posisi kedua kaki rapat dan diayun dari belakang ke depan

Teknik Mendarat Gaya Jongkok

  • Posisi kaki diluruskan ke depan dan bagian lengan agak sedikit ditekuk
  • Posisi Badan dan lutul ketika ingin mendarat dalam keadaan relax
  • Ketika kedua kaki ingin menyentuh tempat pendaratan, posisi kaki harus berada di depan
  • Kedua tumit menjadi tumpuan awal saat pendaratan
  • Jika kedua kaki sudah melakukan pendaratan, posisi badan dilemaskan (mengeper) dan sedikit membungkuk

Demikian Artikel yang membahas tentang materi lompat jauh. Semoga bermanfaat.

Pos terkait