3 Mata Uang Asing paling berpengaruh

  • Whatsapp
mata uang asing

Hallo sobat FLP semua, kali ini kembali lagi pada satu bahasan yang menarik untuk kita telusuri. Mata uang asing adalah fokus kita kali ini yang mana berpengaruh pada kehidupan dan tentunya bisa mendatangkan cuan.

Setiap negara mempunyai mata uang sendiri yang telah disepakati dan kemudian mempunyai nilai tukar dengan mata uang asing. Dimana hal tersebut dipengaruhi oleh banyak hal. Indonesia contohnya mempunyai mata uang Rupiah. Nilai tukar dollar USD ke rupiah saat ini mencapai Rp 14.200 sekian. Tidak berlaku stagnan untuk setiap harinya karena nilai tukar mata uang akan terus beraksi selama pasar valas dibuka.

Bacaan Lainnya

Setidaknya ada 7 hal yang mempengaruhi nilai tukar mata uang, sebagai berikut.

  1. Inflasi
  2. Keadaan ekonomi Negara
  3. Keadaan Politik Negara
  4. Hutang Luar Negeri
  5. Kebijakan Pemerintah Jual beli mata uang
  6. Bunga Bank Tinggi
  7. Neraca perdagangan

Nah dari sekian hal yang berpengaruh pada valuta asing, kini setidaknya ada 3 mata uang asing yang paling berpengaruh di dunia. Apa sajakah itu? mari kita bahas satu persatu untuk lebih detailnya.

Baca juga: Apa Arti Insecure

1. Dollar Amerika USD

USD adalah mata uang yang menjadi tolak ukur perdagangan dunia. Hampir semua transaksi dilakukan dengan USD. Oleh karena itu Dollar menjadi mata uang paling sibuk didunia.

Sebagian orang juga gemar menyimpan harta dalam bentuk USD. Nilai tukar yang tinggi dan cenderung naik menjadi alasannya. Sebagai contoh pada awal korona Dollar Amerika sempat menyentuh angka 15.000 lebih dan kala itu para investor yang menabung uang dalam bentuk USD berbondong-bondong menukarkan ke rupiah.

2. Euro

Mata uang Euro tergolong baru karena baru diresmikan pada tahun 2002. Ada 19 negara Eropa yang menggunakan Euro untuk alat perdagangan. Ada dua bentuk uang yaitu kertas dan logam. Jika pada uang kertas semua sama tetapi pada bentuk logam, lambang disesuaikan dengan negara masing-masing.

Euro tercatat sebagai mata uang paling kuat kedua setelah USD. Ini disebabkan pula oleh penggunannya yang rata-rata negara maju di Eropa. Selain eropa, Euro juga digunakan oleh beberapa negara Afrika.

3. Poundsterling

Sebelum adanya mata uang Euro, Poundsterling menjadi yang kedua sebagai mata uang yang berpengaruh didunia. Tidak bisa dipungkiri jika Poundsterling banyak digunakan untuk perdagangan. Disamping itu juga ada beberapa negara yang menggunakan untuk rujukan nilai tukar.

Walaupun menempati urutan ketiga, namun mempunyai nilai tukar yang lebih stabil dan tergolong lebih tinggi dari Dollar US dan Euro.

Bagimana menurut anda, sudahkah mempunyai tabungan dalam bentuk ketika mata uang tersebut? Jika belum, layak untuk mencoba salah satunya untuk investasi. Nah itulah sedikit tentang mata uang yang paling berpengaruh di dunia.

Semoga membantu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *