Bagaimana Cara Komplain JNE?

Sebagai salah satu pelaku toko online sejak 2014, banyak hal berurusan dengan jasa pengiriman barang. Dan yang paling banyak digunakan adalah JNE.

JNE terkenal dengan kehandalannya dalam mengirimkan barang tepat waktu namun ada saja yang jadi masalah jika kiriman tidak kunjung sampai. Akhirnya customer ngomel hingga ada kata-kata kasar jika barang belum sampai.

Namun tenang bagi anda yang punya kiriman belum sampai alamat, bisa mencoba untuk komplain JNE pusat lewat beberapa cara.

Untuk pengalaman yang sudah dilakukan sebatas melalui Social Media dan datang langsung ke kantor. Mungkin dari sekian yang paling cepat. Untuk lebih lengkapnya kita bahas satu-satu cara komplain ke JNE.

1. Melalui Email

Untuk kasus melalui email kadang tidak cepat respon karena harus buka satu persatu email. Kadang juga menunggu antrian dari pengirim email lain. Cukup mudah mengirimkan email permasalahan paket berikut ini caranya:

  • Tuliskan Subject email dengan : Tanya Paket yang Bermasalah
  • Tuliskan lengkap keluhan tentang paket beserta Nomor resi, Nama penerima, nama pengirima, dan no hp
  • Tunggu sampai Customer Service membalas email anda.

2. Melalui Sambungan telepon

Jika anda menginginkan cepat terselesaikan masalah paket, dengan telepon CS Jne pusat adalah solusi tepat. Dengan menghubungi nomor (021) 2927 8888, anda bisa berbicara langsung dengan CS JNE pusat. Namun sayangnya tidak bisa cepat cs langsung bisa mengangkat telepon anda karena harus menunggu antrian.

Tarif telepon sekitar 1500/menit dan ini membutuhkan pulsa yang tidak sedikit. Jadi usahakan anda punya cukup banyak pulsa agar waktu terhubung dengan CS bisa lancar tanpa kendala pulsa habis.

3. Datang langsung ke Kantor JNE

Jika anda ada waktu luang dan punya jangkauan yang dekat dengan kantor cabang JNE, tidak ada salahnya datang langsung ke kantor cabang JNE. Tanyakan permasalahan paket yang sedang anda alami.

Jika pihak JNE tidak ada kejelasan kapan paket sampai anda bisa mengajukan komplain yang lebih jelas dengan CS agar bisa langsung dihubungkan dengan JNE pusat.

Bisa juga anda membuat CS agar memberikan solusi yang jitu untuk masalah paket ini.

4. Komplain ke Sosial Media JNE

Kalau dilihat dari intensitas update di social media, JNE mempunyai tim yang aktif disitu. Tetapi kadang orang tidak tahu konteks untuk mengutarakan masalah.

Banyak orang komplain melalui kolom komentar di social media yang itu hanya angin lalu tanpa ada penyelesaian. Yang paling baik itu kirim pesan langsung via DM.

Cara seperti ini sudah kami buktikan cukup cepat direspon namun kembali lagi untuk komplain juga harus jelas seperti kirim email.

Nah bagi yang ingin komplain JNE lewat social media, dibawah ini official JNE di Sosmed.

5. Melalui Halaman Ask Joni

Ask Joni ini merupakan halaman sejenis kontak untuk menghubungi JNE secara langsung. Komplain masalah paket atau tanya perihal yang lain tentang JNE juga bisa. Berikut ini detail cara yang bisa anda lakukan:

  1. Buka situs Jne.co.id lihat Ask NOW atau bisa langsung lewat link ini.
  2. Isi sesuai dengan data yang benar.
  3. Pilih Customer Service pada kolom subjek.
  4. Tuliskan keluhan atau komplain paket anda.
  5. Klik Send Message.

Tunggu beberapa Jam untuk dapat menerima balasan CS. Balasan CS tersebut akan membuat anda tenang atau ada solusi lain agar paket kembali normal dalam kiriman.

Nah begitulah kiranya cara komplain paket di JNE secara benar. Jika memang paket masih bermasalah terus hubungi JNE agar dapat solusi terbaik. Atau bisa juga ada ganti rugi jika kiriman lebih dari 1 bulan.

Leave a Comment