Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

cara meningkatkan loyalitas pelanggan

Pelanggan tentu mendapatkan prioritas utama bagi sebuah bisnis berbasis layanan. Sebuah bisnis akan terus menunjukan eksistensinya dengan pelanggan yang loyal bahkan bertambah setiap waktu. Ini menjadi tolak ukur dari sebuah bisnis yang bertumbuh.

Disisi lain perusahaan harus terus membangun interaksi yang baik dengan pelanggan untuk menerima impak salah satunya bentuk loyalitas. Tentu ini tidak mudah bagi pelaku usaha untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia. Tetapi ada beberapa cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang perlu dicoba, berikut ini selengkapnya.

Cara meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Memberikan pelayanan yang Prima

Pelayanan yang prima adalah salah satu jurus jitu dalam memikat pelanggan. Dengan memperlakukan pelanggan secara baik dalam segala pelayanan, akan timbul repeat atau bahkan pelanggan baru dari imbas mulut ke mulut.

Meningkatkan kualitas produk

Dunia bisnis memang dipenuhi dengan lika liku. Kualitas produk yang tidak dijaga dengan baik akan memiliki dampak buruk. Pelanggan yang sebelumnya puas dengan produk yang ditawarkan, lain waktu berpindah hati memilih produk di toko lain karena kualitasnya yang lebih baik. 

Ini menjadi evaluasi bagi setiap bisnis untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas produk. Jangan sampai pelanggan kecewa sehingga memilih produk di toko sebelah.

Sentuhan Inovasi Produk

Produk terlihat semakin menarik menjadi salah satu cara untuk meruntuhkan hati pelanggan. Dengan sedikit sentuhan pada produk bisa menimbulkan penjualan meningkat tajam. Sebagai contoh inovasi produk dari sisi kemasan, desain box, pengiriman dan bisa juga dilihat dari fungsi yang bertambah.

Membuat Produk Baru

Strategi lain dalam memikat pelanggan adalah dengan membuat produk baru. Sejalan dengan kompleksitas pelanggan, produk baru harus menjawab tantangan zaman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Produk skincare misalnya, tidak hanya fokus pada satu jenis namun menambah jenis produk baru untuk melengkapi yang sudah ada. Jika sudah punya produk semacam serum, ciptakan juga produk sunscreen sebagai pelengkapnya sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk dalam paket.

Memberikan Point Rewards

Point reward adalah sebuah cara untuk memberikan apresiasi bagi pelanggan yang sudah membeli produk dalam bentuk poin khusus. Poin inilah yang nantinya bisa ditukar dengan produk atau hadiah setelah mencapai batas tertentu. 

Poin reward biasanya hanya berlaku bagi member yang sudah terdaftar. Untuk itu bagi konsumen harus mendaftar member terlebih dulu untuk mendapatkan poin reward.

Memberikan Kartu member

Ini sangat nyambung dengan poin reward sehingga tidak bisa dipisahkan. Memberikan pilihan menjadi member adalah salah satu strategi dalam bisnis untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Dengan kartu member, pelanggan bisa mendapatkan keistimewaan diantaranya harga lebih murah, dapat poin reward, layanan khusus dan lain sebagainya.

Selain sebagai wadah untuk memberikan kemudahan pelanggan, kartu member juga bisa memberikan manfaat lebih bagi bisnis. Database pelanggan bisa diolah untuk strategi marketing dengan mengirimkan promo, iklan dan produk terbaru lewat email maupun social media. 

Baca juga: Jam Kerja Sicepat

Menyediakan Voucher

Bagi-bagi voucher sudah tidak asing bagi telinga konsumen tentunya. Voucher ini bentuknya dalam diskon produk atau bisa juga gratis produk baru. Promo yang dibarengi dengan voucher akan lebih banyak peminat karena harga yang lebih murah.

Selalu menjalin Komunikasi yang Baik dengan pelanggan

Jika yang pertama memberikan layanan yang prima bagi pelanggan, kali ini untuk mengingatkan pelanggan alangkah baiknya selalu menghubungi pelanggan melalui media elektronik mail maupun social chatting. 

Menanyakan kabar disertai bumbu-bumbu promosi merupakan langkah mudah untuk kembali menjalin loyalitas dengan pelanggan. Intinya, tidak melupakan pelanggan tetapi harus keep in touch selalu agar terjalin rasa yang lebih dalam.

Baca juga: Bagaimana Cara Komplain JNE?

Nah itulah beberapa cara meningkatkan loyalitas pelanggan bagi bisnis anda. Semoga bermanfaat..

Pos terkait