Cara Daftar BPJS secara Online Terbaru 2020

Sektor kesehatan menjadi salah satu yang paling penting dalam kehidupan. Manusia butuh sehat untuk melakukan semua aktifitas. Untuk menjamin hal tersebut, lahirlah berbagai jaminan kesehatan guna meringankan pasien ketika berobat. Dan pemerintah mempunyai program jaminan kesehatan nasional yang bernama BPJS. Namun masih ada saja yang bingung untuk mendaftarkan diri mengikuti jaminan kesehatan tersebut. Maka dari itu kami bermaksud memberitahukan bagaimana cara daftar BPJS secara online dan offline yang mudah diikuti.

Walaupun kini BPJS sudah sangat familiar dikalangan masyarakat namun berbagai persoalan timbul dengan aturan-aturan terbaru yang semakin kompleks. Mulai dari Fasilitas kesehatan, jenis obat hingga kenaikan biaya bulanan yang harus disetorkan. Kenaikan iuran BPJS kesehatan yang mencapai 100% banyak menimbulkan pro-kontra. Tetapi kembali lagi semua itu untuk menutup defisit yang mencapai trilyunan setiap tahunnya.

Sebelum membahas pada inti cara daftar BPJS terbaru 2020, yuk mari kita simak bersama keuntungan apa saja yang didapat anggota BPJS,

Baca sedikit tentang Seva.id pusta Mobil murah

Keuntungan ikut BPJS

  • Jaminan seumur Hidup >> Ini berarti pengguna BPJS bisa menggunakan fasilitas seumur hidup tanpa dibatasi umur jika tidak ada tunggakan pembayaran.
  • Tergolong murah >> Sebelum kenaikan tahun 2020 ini, iuran bulanan BPJS bisa dibilang sangat murah. dengan urutan kelas I Rp 80.000, kelas II Rp 50.000 dan kelas III Rp 25.000, namun keadaan berubah semenjak negara api menyerang. Kini sudah naik 100% dari iuran sebelumnya.
  • Siapa saja Boleh daftar >> Jika jaminan kesehatan lain butuh riwayat kesehatan dan medical check up, BPJS tidak memerlukannya. Hanya tinggal kesediaan untuk mengikuti aturan yang berlaku dan membayar biaya bulanan sudah pasti dilayani oleh seluruh Rumah Sakit.

Untuk daftar BPJS secara online yang menjadi syarat utama, anda harus sudah punya smartphone. Ini untuk menginstall aplikasi JKN yang sudah tersedia, berikut ini cara lengkapnya.

Cara Daftar BPJS secara Online 2020

  • Unduh Aplikasi Mobile JKN melalui Play Store untuk Android atau App Store untuk iphone.
  • Setelah download selesai, Buka aplikasi.
  • Klik pendaftaran peserta baru kemudian centrang setuju syarat dan ketentuan.
  • Masukan NIK sesuai KTP.
  • Isi data yang diperlukan sampai selesai.
  • Bayar Iuran pertama melalui (Virtual Account) VA Bank.
  • Cetak Kartu e-ID BPJS untuk mendapatkan manfaat dari kartu BPJS kesehatan.

Banyak pertanyaan dengan adanya pendaftaran online ini. kapan kartu bisa diterima atau mungkin apa tidak ada kartu fisik? pertanyaan tersebut sudah dijawab dengan cara mendownload Kartu e-ID BPJS lewat permintaan yang dikirim melalui email. Download kartu BPJS yang telah dikirim lewat email untuk selanjutnya diprint.

Cara Daftar BPJS Offline / lewat Kantor

Jika mendaftar lewat aplikasi dirasa masih bingung, anda harus datang langsung ke kantor BPJS terdekat atau biasanya cabang tiap kota/kabupaten. Daftar BPJS offline bisa melalui cara berikut ini:

  1. Datang ke kantor BPJS terdekat
  2. Tanyakan pada petugas jika ingin daftar BPJS.
  3. Isi formulir yang disediakan secara lengkap.
  4. Serahkan pada petugas dan tunggu pengantar untuk bayar iuran.
  5. Bayar iuran lewat Bank
  6. Kartu BPJS sudah bisa digunakan setelah 14 hari daftar.

Oke, cukup mudah bukan cara daftar BPJS online maupun offline? Jika masih ada keraguan silahkan bisa langsung tanyakan ke petugas BPJS.

Pertanyaan dan keluhan melalui telepon bisa dilakukan dengan menghubungi nomor 1-500-400.

Nah itulah cara mudah daftar bpjs secara online dan offline yang bisa anda lakukan.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment