Cara Mudah Cek Rekening Bank! Pahami Juga Perbedaan Mutasi dan Rekening Koran

cek rekening online
sumber: https://www.istockphoto.com/photo/young-asian-man-using-smartphone-on-blue-background-gm1370874700-440330152

Apakah kamu tahu apa perbedaan mutasi rekening dan rekening koran? Bagi yang belum pernah cek rekening bank mungkin tidak akan tahu perbedaannya. Namun, sekarang tidak ada salahnya mencari tahu lebih jauh tentang perbedaan keduanya.

Sebenarnya isi utama mutasi rekening dan rekening koran hampir sama, yakni berisi daftar transaksi yang kita lakukan. Namun, cara cek mutasi rekening bisa dilakukan di mobile banking sementara untuk cetak rekening koran harus ke bank.

Perbedaan Mutasi dengan Rekening Koran

Mutasi Rekening adalah rincian transaksi keluar masuknya uang dari sebuah rekening. Setiap bank menampilkan jumlah mutasi yang berbeda-beda, cek rekening bank untuk melihat mutasi juga ada berbagai cara.

Bacaan Lainnya

Selain itu, ada beberapa bank yang  hanya menampilkan mutasi hanya 7 hari hingga 1 bulan setelah itu mutasi tersebut akan hilang. Untuk mengeceknya kembali kamu perlu mencetak rekening koran.

Lalu apa itu rekening koran? Rekening koran adalah ringkasan semua transaksi keluar masuknya uang di sebuah rekening. Cara cek rekening bank untuk melihat rekening koran yaitu dengan datang langsung ke bank.

Jumlah daftar transaksi yang ditampilkan lebih lengkap dan bisa disesuaikan dengan yang diinginkan nasabah. Di dalam rekening koran terdapat informasi saldo awal bulan, mutasi debit, mutasi kredit, hingga saldo akhir bulan.

Baca juga: Kunjungi 5 Tempat Wisata Indonesia Mewah Ini Dengan Pengajuan KTA Mudah!

Cara Cek Rekening Bank untuk Melihat Daftar Transaksi

Bagi kamu yang ingin mendapatkan rekening koran di bank, sebaiknya bawalah persyaratan berikut:

  1. Buku tabungan asli
  2. Kartu identitas
  3. Kartu debit
  4. Sejumlah uang

Sedangkan cara cek rekening bank untuk mendapatkan mutasi yaitu bisa melalui layanan berikut:

  1. Via ATM
  2. Via SMS banking
  3. Via internet banking
  4. Via m-banking

Cara cek mutasi rekening memang lebih praktis dan mudah sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengantre di teller untuk melihat daftar transaksi. Namun, sayangnya beberapa bank hanya menampilkan daftar transaksi yang sangat terbatas, terutama jika kamu cek rekening bank melalui SMS banking.

PermataMobile X Aplikasi mBanking Canggih dari PermataBank

cek mutasi rekening
sumber:https://www.istockphoto.com/photo/woman-who-uses-smart-phone-gm1203088928-345647144

PermataBank menghadirkan aplikasi mobile banking bernama PermataMobile X untuk mempermudah nasabah melakukan berbagai transaksi. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi dengan lebih mudah karena di dalamnya tersedia beragam fitur-fitur canggih yang sangat lengkap.

Bagi yang belum tahu kelebihan PermataMobile X, berikut keunggulannya:

  • Canggih dan Kaya Fitur

Aplikasi mbanking dari PermataBank ini menyediakan ratusan fitur perbankan yang akan memudahkan penggunanya melakukan berbagai transaksi.

  • Cek Mutasi Menjadi Lebih Mudah

Kamu bisa cek rekening bank dengan mudah untuk mengetahui rincian transaksi di semua jenis akun hingga 12 bulan.

  • Sangat Praktis 

Cek semua akun PermataBank yang kamu miliki dengan mudah dan praktis hanya dalam satu layar. Di aplikasi mbanking ini kamu juga bisa membuka rekening, cek mutasi, transfer, bayar kartu kredit, isi ulang pulsa, hingga mengajukan pinjaman KTA.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa mobile banking PermataMobile X memiliki ratusan fitur canggih yang di antaranya adalah:

  • Menampilkan mutasi rekening hingga 12 bulan terakhir.
  • Kemudahan membayar berbagai tagihan, mulai dari tagihan listrik, telepon, internet, dan lain-lain.
  • Isi ulang pulsa, top-up e-wallet, dan beli token listrik bisa dilakukan dengan praktis.
  • Di aplikasi mbanking ini kamu juga bisa membuka rekening tabungan baru, kartu kredit, hingga mengajukan pinjaman KTA secara online tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang.
  • Melakukan transaksi Reksa Dana menjadi lebih mudah mulai dari penjualan, pembelian, hingga switching.
  • Fitur pembayaran QR Pay membuat transaksi  di berbagai toko/merchant menjadi lebih praktis tanpa perlu top-up e-wallet, caranya cukup dengan scan barcode pembayaran di merchant tempat kamu bertransaksi.
  • Tarik tunai di seluruh Indomaret menjadi lebih mudah dengan fitur Mobile Cash. Cara melakukannya: klik “Menu Lainnya”, lalu klik “Mobile Cash”, kemudian klik “Indomaret”. Langkah selanjutnya masukkan nomor HP dan kamu akan menerima cash code atau token, berikan token tersebut ke kasir Indomaret dan transaksi berhasil dilakukan. Info lebih lanjut: https://www.permatabank.com/id/article/mobilecash.
  • WhatsApp Gift merupakan fitur transfer uang yang dilengkapi dengan kartu ucapan ke nomor WhatsApp penerima. Tersedia banyak pilihan kartu ucapan yang menarik dan kamu tidak memerlukan nomor rekening penerima untuk menggunakan fitur ini cukup nomor WhatsAppnya saja.
  • Proses pengajuan kenaikan limit sementara kartu kredit bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi PermataMobile X.

PermataMobile X tidak hanya menawarkan kemudahan dalam cek rekening bank untuk melihat mutasi. Tapi juga memberikan kemudahan dalam pendaftarannya, berikut ini cara daftar aplikasi PermataMobile X yang bisa kamu ikuti:

  1. Langkah pertama kamu perlu mengunduh aplikasi PermataMobile X di Google Play Store bagi pengguna Android atau di Apple App Store bagi pengguna iOS.
  2. Setelah terinstal buka aplikasi tersebut dan klik ‘mulai’.
  3. Bagi kamu yang sudah memiliki rekening PermataBank, pilih “ya” saat muncul pertanyaan berikut “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”.
  4. Jika belum memiliki rekening klik “tidak” pada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?” Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk melakukan pembukaan rekening baru di PermataStore.
  5. Langkah selanjutnya klik “tidak” Ketika kamu mendapati pertanyaan berikut “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”.
  6. Lanjutkan proses pendaftaran dengan memilih nomor rekening atau kartu kredit.
  7. Langkah terakhir kamu cukup mengikuti petunjuk sesuai arahan hingga proses pendaftaran selesai dan user ID-mu bisa digunakan.

Bagaimana mudah bukan? Di aplikasi mbanking tersebut kamu bisa cek rekening bank dan mengetahui daftar transaksi hingga 12 bulan terakhir tanpa perlu cetak rekening koran. Jadi, tunggu apalagi segera daftar aplikasi PermataMobile X dan nikmati semua fitur menarik yang tersedia di sana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.