Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Benar

  • Whatsapp
cara menyusui bayi baru lahir

Bagi seorang ibu , menyusui bayi adalah menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Tidak semua ibu menyusui merasakan bahagia. Ada yang menahan sakit, sedih dan marah. Ya itu wajar karena tidak mudah untuk menyusui bayi yang baru lahir. Ditambah lagi anak pertama tanpa adanya pengalaman untuk menyusui.

Tentu ada cara menyusui bayi baru lahir dengan nyaman dan bahagia yang bisa dilakukan. Ada teknik tersendiri untuk mengkondisikan bayi supaya cepat bisa menyedot ASI dengan baik. Berikut ini langkah-langkah yang mesti ibu lakukan;

1. Perlekatan yang Benar

Posisi perlekatan yang benar yaitu dengan menempelkan mulut bayi di area puting sehingga respon bayi tidak hanya di puting saja. Tanda perlekatan yang benar yaitu terdengarnya suara bayi menelan ASI dan tidak ada rasa nyeri saat bayi menyusu.

2. Bayi dan Ibu dalam Kondisi Nyaman

Tidak terpaku pada posisi bayi yang nyaman tetapi juga ibu menyusui juga harus menempatkan diri senyaman mungkin. Usahakan bayi tidak sejajar, namun kepala diangkat lebih tinggi supaya saat menelan ASI lebih mudah. 

Bagi Ibu juga bisa dilakukan dengan duduk atau tiduran miring. Ciptakan kenyamanan dalam menyusui sehingga bayi menelan ASI secara optimal.

3. Rangsang Bayi dengan Payudara

Bayi punya insting untuk menyusu dengan membuka mulut, tetapi bagaimana cara melakukan itu? Dengan rangsangan payudara (didekatkan) maka mulut bayi kemungkinan akan terbuka, tunggu sampai bagian lidah agak kedalam supaya sudah siap untuk menyusu.

Jika terpaksa belum menandakan lidah kebagian dalam, ibu bisa melakukan rangsangan dengan putih dibawah mulut bayi.

4. Perhatikan Waktu Menyusu

Bayi yang baru lahir biasanya menyusu dengan durasi 5-20 menit dan rentang waktu 2-3 jam. ASI mempunyai sifat cepat dicerna sehingga tidak perlu khawatir terlalu banyak minum.

Semakin banyak ASI yang disusu bayi maka produksi ASI akan semakin banyak.

5. Konsultasi

Konsultasi bisa dilakukan jika masih ada rasa nyeri saat menyusui atau bayi kurang nyaman dan masalah lainnya. Bingung puting adalah istilah yang cukup banyak ditemukan saat ini sehingga konsultasi pada bidan adalah hal yang tepat.

Menyusui adalah karunia yang sangat indah, jadi jangan lewatkan momen ini untuk membangun kedekatan dengan sibuah hati.

Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *